Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiri Kegiatan TNI, Kades Timor Leste Dapat Penghargaan

Kompas.com - 04/06/2013, 22:21 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Kepala Desa Lela Ufe, Kecamatan Nitib, Distrik Oekusi Timor Leste, Jose Poto, menerima penghargaan khusus dari Komandan Kodim 1618 Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Letnan Kolonel (Letkol) Arm Eusebio Hornai Rebelo lantaran menepati janjinya untuk menghadiri penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-60 di Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, TTU, Selasa (4/9/2013).

Kades Jose datang bersama 400 warganya dan satu anggota polisi Timor Leste dengan menggunakan lima unit mobil truk. Jose saat ditemui sejumlah wartawan, seusai menerima penghargaan itu, mengatakan, warga Timor Leste sangat bangga diundang langsung oleh TNI. Sebab, selama ini sejak Timor Leste berdiri sendiri menjadi sebuah negara, tidak pernah ada undangan seperti itu.

"Wilayah desa kami memang berbatasan langsung dengan Desa Tasinifu sehingga kami anggap ini adalah satu kesempatan untuk membangun keakraban dan membina hubungan baik antara kedua desa yang berbeda negara. Kami juga sangat berterima kasih kalau dalam kegiatan ini, kami diberi penghargaan oleh pimpinan TNI, dalam hal ini bapak Dandim Rebelo," kata Jose.

Menurut Jose, metode yang diterapkan Kodim TTU ini dengan melibatkan warga negara Timor Leste seharusnya menjadi contoh dan diikuti oleh daerah lainnya yang berada persis di sepanjang garis perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

"Ini, menurut saya, adalah cara yang paling ampuh untuk meminimalisasi konflik di perbatasan. Khusus untuk daerah kami, bila ada kegiatan di Timor Leste, kami akan undang saudara kita yang berada di TTU karena kita adalah satu budaya," kata Jose.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com