Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rampok Gembos Ban Gasak Uang Bank Rp 350 Juta

Kompas.com - 04/06/2013, 18:45 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Perampokan dengan modus gembos ban terjadi di Jalan Pantura, Weleri, Kendal, Jawa Tengah. Karyawan Bank Perkreditan Rakyat Weleri dirampok seusai mengambil uang dari Bank Mandiri, Selasa (4/6/2013). Uang sebesar Rp 350 juta yang disimpan di jok depan mobil Xenia H 9102 S pun digondol pelaku.

Pemilik mobil Xenia, Imam Heri Setiawan yang juga Kabid Operasional BPR Weleri Makmur menceritakan, kejadian berawal saat ia bersama seorang sopir bernama Hermawan Setia Budi melaju ke Weleri Kota seusai mengambil uang di Bank Mandiri Cabang Weleri. Namun saat akan kembali ke kantornya, ban belakang kiri mobil Xenia yang mereka tumpangi kempis.

"Karena kempis, akhrinya kami berhenti di Jalan Seokarno-Hatta, Desa Weleri untuk mengganti ban," kata Imam.

Saat mengganti ban, tiba-tiba muncul pengendara moto Scorpio hitam berboncengan mendekati mobil tersebut, lalu mereka mengambil uang yang berada di jok tengah kiri. Setelah itu, kedua pelaku melarikan diri ke arah utara.

"Padahal pintu kanan sudah saya kunci semua. Tapi yang bagian sopir jendela memang terbuka sedikit. Kemudian saya sadar ada 2 orang naik Scorpio hitam di dekat pintu mobil. Saya kejar nggak nyampai. Mereka lari ke utara," ujarnya.

Salah seorang saksi mata, Yanto (23) sempat melihat dua orang nongkrong di sekitar lokasi kejadian. Saat korban mengganti ban yang kempis, pelaku langsung mendekat dan mengambil sesuatu dari Xenia.

"Waktu kejadian keadaan sepi. Pelaku yang di belakang perawakannya kecil, pakaian serba hitam dan tidak menggunakan helm. Mungkin korban sudah diincar, karena pelaku sudah nongkrong sekitar 1 jam di situ (TKP, red)," kata Yanto yang berprofesi sebagai penarik becak.

Sementara itu, Kapolres Kendal AKBP Asep Jenal Ahmadi melalui KBO Reskrim Polres Kendal Iptu Abdulah Umar mengatakan, dugaan sementara pelaku berjumlah dua orang mengendarai motor Yamaha Scorpio hitam bernopol B 6768 PUZ.

Menurutnya, pelaku memanfaatkan kelengahan korban saat mengganti ban. "Kita masih mengembangkan kasus ini. Dugaan sementara pelaku beraksi memanfaatkan kelengahan korban saat mengganti ban," kata Umar.

Pelaku yang diduga mengendarai Scorpio hitam itu hingga kini masih buron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com