Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Menangi Pilgub Jateng, Ganjar Peroleh 6,9 Juta Suara

Kompas.com - 04/06/2013, 14:50 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Berdasarkan hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Jawa Tengah, pasangan calon gubernur Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko mendapatkan suara terbanyak. Jumlah suara Ganjar-Heru sebanyak 6.962.417 suara sah atau 48,82 persen suara pada pemilihan gubernur 26 Mei lalu.

Hal itu diketahui melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kantor KPU Daerah Jawa Tengah, Selasa (4/6/2013).

Jumlah suara pasangan Ganjar-Heru jauh lebih banyak dibanding dua rivalnya. Gubernur petahana yang juga calon gubernur Bibit Waluyo dan pasangannya Sudijono Sastroatmodjo mendapatkan 4.314.813 suara atau dengan presentase 30,26 persen suara. Adapun pasangan nomor urut satu, Mantan Sekda Jateng Hadi Prabowo dan Don Murdono hanya memperoleh 2.982.715 suara sah atau 20,92 persen.

Jumlah perolehan ini tidak jauh berbeda dengan hasil quick count sejumlah lembaga survei atau perhitungan sementara KPU Daerah Jawa Tengah.

Ketua KPU Daerah Jawa Tengah M Fajar Subhi A K mengatakan jumlah suara sah pada pilgub kali ini yakni 14.259.945 suara. Sementara itu, total suara yang berpartisipasi sebanyak 15.261.268. "Total suara tidak sah sebanyak 1.001.323," ujarnya.

Dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 27.385.985, jumlah partisipasi warga pada pilgub kali ini dinilai meningkat. Pada Pilgub 2008 partisipasi sebesar 55,03 persen, dan pada pilgub kali ini meningkat menjadi 55,73 persen. "Jadi adanya dugaan partisipasi akan menurun ternyata tidak benar," tambahnya.

Fajar menambahkan, berdasarkan hasil rekapitulasi ini, akan dilakukan penetapan gubernur. Hasilnya baru akan diserahkan ke DPRD Provinsi Jawa Tengah pada pekan depan. "Menunggu tiga hari ini apakah ada keberatan dari pasangan calon lain," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com