Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan SKCK Palsu Beredar di Makassar

Kompas.com - 04/06/2013, 14:43 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Ribuan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) palsu beredar di Kota Makassar. Terungkapnya peredaran SKCK di masyarakat terjadi setelah tertangkapnya sindikat pemalsuan surat-surat dengan empat orang tersangka.

Kepala Satuan Intelijen Polrestabes Makassar Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Parenrengi yang dikonfirmasi, Selasa (4/6/2013), mengatakan, Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) melakukan penyitaan terhadap ribuan SKCK palsu di masyarakat.

"Kalau dari pengakuan tersangka, dia sudah mencetak ribuan SKCK. Yang membedakan SKCK palsu dengan asli dari tanda tanganku yang agak berbeda. Mereka mencoba memalsukan tanda tanganku. Selain dari tanda tangan, terdapat perbedaan di kertas dan lainnya," ungkap Parenrengi.

Selain SKCK yang dipalsukan, sindikat ini merupakan jaringan pemalsu dokumen instansi lain. Pelaku yang ditangkap adalah Didik Darmadi (21), Sarifuddin (24), Amir (21), dan Abdul Qayyum (22) di kawasan Barombong, Kecamatan Tamalate.

Di lokasi penangkapan, polisi menyita barang bukti berupa 22 stempel palsu berbagai instansi, tiga SKCK palsu, dan sejumlah dokumen lain yang digunakan untuk beraksi.

"Kalau SKCK dia jual seharga Rp 250.000 per lembarnya, cukup hanya mengumpulkan foto saja. Harga itulah yang membuat kami bingung, sebab ada dulu yang komplain dengan harga SKCK Rp 250.000. Ternyata sindikat pemalsuan yang beraksi di masyarakat," ungkap Parenrengi.

Selain menerbitkan ribuan SKCK, sindikat ini pun telah banyak menerbitkan buku pelaut palsu dengan harga jual Rp 15 juta. "Sindikat ini sudah beraksi lama," ujar Parenrengi.

Parenrengi juga menjelaskan, terungkapnya kasus pemalsuan dokumen ini setelah anggotanya menemukan SKCK palsu di sekolah pelayaran di Barombong.

Anggota Intel Polrestabes pun sangat mengenali tanda tangan atasannya sehingga menyimpulkan SKCK tersebut palsu. "Dari situ, anggota saya terus melakukan penyelidikan dan menelusuri pembuat SKCK palsu. Berhasil dibekuk empat pelaku berstatus mahasiswa dalam satu sindikat yang sudah lama beraksi di Kota Makassar itu," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com