Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seledri di Sangatta Rp 100.000 Per Ikat

Kompas.com - 03/06/2013, 03:20 WIB

SANGATTA, KOMPAS.com  Harga daun seledri di Kutai Timur, khususnya di Kota Sangatta, Kalimantan Timur, kini Rp 100.000 per ikat isi 10 batang sebab komoditas itu langka di pasaran. "Barangnya sulit diperoleh dan harganya pun sangat mahal," kata Eka, pedagang bumbu di Pasar Induk Teluk Lingga, Sangatta, Minggu (2/6/2013).

Eka mengatakan, satu ikat besar isinya 10 batang, sedangkan ikatan kecil berisi 10 lembar daun harga jual ecerannya pun Rp 10.000. "Kelangkaan daun seledri sudah berlangsung dua bulan, membuat komoditas itu laksana emas nilainya, namun tetap dicari konsumen," katanya.

Didik, pedagang sayuran dan bumbu di Jalan Pendidikan Sangatta Utara, mengatakan, sudah dua bulan pasokan belum lancar sehingga harganya sangat tinggi.

Ia yang juga pengurus kelompok tani di Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, mengatakan, kalau dalam waktu dekat ini pasokan seledri tidak lancar, harganya akan semakin melambung.

Selama ini, pemenuhan kebutuhan seledri di Sangatta masih dari kiriman luar, seperti dari Bontang dan Samarinda karena produksi di Sangatta belum mampu memenuhi permintaan. "Kami khawatir jika produksi lokal belum tersedia akan memicu harga seledri tinggi pada bulan puasa nanti karena kebutuhan terus meningkat," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com