Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Kontes Ayam Ketawa di Surabaya

Kompas.com - 02/06/2013, 17:15 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Suasana di Sentra Ikan Bulak (SIB) Surabaya, Jawa Timur, Minggu (2/6/2013) berbeda dari biasanya. Ada keriuhan dari suara ratusan ayam yang di kompleks pedagang olahan hasil laut itu. Paling tidak sekitar 300 ayam ketawa dari berbagai kota di Indonesia, tampil dalam "Kontes Ayam Ketawa" tingkat nasional Wali Kota Cup II yang digelar Komunitas Pecinta Ayam Ketawa Surabaya Raya atau Kompak Surya.

Ketua penyelenggara Gagat Radityo mengatakan, kontes Ayam Ketawa ini diikuti lebih dari 300 peserta dari berbagai kota di Indonesia, antara lain dari Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Bandung, Puwokerto, Solo, Wonosobo, Yogyakarta dan beberapa kota di Jatim seperti Sampang dan Pamekasan. "Ayam Ketawa aset asli bangsa Indonesia. Suaranya ini bukan rekayasa tetapi alami, ada vibrasinya," tegas Gagat.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini terlihat semangat saat membuka kontes Ayam Ketawa tersebut. Ketika satu Ayam Ketawa di atas penyangga, Risma ikut menyemangati sang ayam agar tertawa lantang. "Ayo bersuara, ayo bersuara," katanya.

Sebelum membuka kontes, Wali Kota Risma menerima sepasang Ayam Ketawa dari komunitas Kompak Surya. Kegiatan ini menurut dia, bukti bahwa di Surabaya ada beragam aktivitas dan hobi yang bisa diakomodasi oleh Pemerintah Kota Surabaya. "Diakomodasi karena memang hobi warga Surabaya memang beragam, semakin beragam semakin indah. Saya sebelumnya sudah membuka kontes Perkutut, Ayam Serama dan bunga. Pemkot Surabaya memang rutin menggelar kegiatan yang melibatkan warga," katanya.

Kontes satwa, jelas Risma juga penting bagi warga Surabaya untuk bisa menjalin silaturrahmi dengan komunitas satwa dari luar kota dan bahkan dari luar pulau. Selain membuat kontes, Risma juga menyempatkan berkeliling meninjau stan-stan di lantai II SIB. Kegiatan kontes atau lomba, penting selain sebagai ajang silaturrahmi, warga Surabaya bisa berkawan dengan teman-teman di luar daerah dan bisa menjadi satu kesatuan," ujarnya.

Dalam kontes ayam ketawa ini, ada tiga kelas yang dipertandingkan yakni kelas biasa, kelas dangdut dan kelas show. Adapun metode penilaiannya, untuk kelas biasa, ayam ketawa mendapat waktu untuk bersuara. Selama periode itu, akan dihitung berapa kali ayam-ayam yang ditaruh di atas penyangga sejenis tripod ini bersuara lantang.

Salah satu peserta, Erna Setyawati mengatakan, kontes semacam ini penting. "Bagi saya pribadi yang biasanya bersama pasien, saya menikmatinya. Kontes ini jangan tergantung reward, tetapi untuk penyegaran agar awet muda," ujarnya.

Erna mengaku sudah menggeluti hobi memelihara ayam Ketawa selama empat tahun terakhir. Bersama suaminya, ayam-ayam milik mereka diberi nama penyanyi top sesuai hobi mereka yang menyukai musik. Seperti ayam ketawa yang ikut Kontes Ayam Ketawa di SIB, dengan nama Michael Jackson. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com