Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Talaud Terbiasa Menangkap Ikan Pakai Janur Kelapa

Kompas.com - 01/06/2013, 12:12 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Satu dari sekian tradisi adat orang Talaud, Sulawesi Utara, yang masih tersisa, Manee, kembali digelar pada Rabu (29/5/2013). Manee merupakan tradisi warga Pulau Intata, yakni menangkap ikan hanya dengan menggunakan janur pohon kelapa. Manee ini rutin digelar setahun sekali.

Manee tahun ini diikuti oleh tidak kurang dari 1.200 orang di salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Talaud. Pulau ini sulit diakses karena jaraknya yang cukup jauh.

Richter Taengetan, salah satu pengujung, mengaku sangat senang masih bisa melihat tradisi ini. "Walaupun diri saya orang Talaud, tetapi tidak tiap saat saya punya kesempataan terlibat dalam Manee," ujar Richter kepada Kompas.com, Sabtu (1/6/2013).

Tetua adat Pulau Intata melarang warganya mengambil ikan di lokasi pelaksanaan Manee selama setahun penuh. Dan jika ketahuan melakukan pelanggaran, maka yang bersangkutan akan dikenakan sanksi adat dan membayar denda sebesar Rp 500.000.

Ratumbanua (tetua adat) Kakorotan, Toni Liunsanda, menjelaskan, sebelum pelaksanaan Manee, mereka para Ratumbanua melakukan persiapan dengan menggelar ritual Mangolom Par'ra selama tujuh malam berturut-turut. Ritual itu bertujuan mendoakan agar Manee berjalan lancar dan bisa memperoleh panen yang melimpah.

Puncak Manee adalah ketika warga membentangkan janur kelapa yang dililit pada bentengan tali hutan tanpa putus sepanjang tiga kilometer di bibir pantai. Tali hutan yang dipakai pun tidak sembarang diambil begitu saja. Ada tahapan yang disebut dengan Marracca Pundangi ketika memilih tali hutan yang akan dipakai.

Dengan kearifan yang dimiliki oleh para tetua Intata, ikan lalu dipanggil ke dalam lingkaran janur kelapa yang terbentang tersebut. Berbagai jenis ikan dengan ukuran yang bervariasi pun lalu terjebak dalam lingkaran tersebut. Para peserta Manee kemudian dengan leluasanya menangkap ikan-ikan tersebut.

Bupati Talaud Constantine Ganggali mengatakan, pemerintah daerah sudah berupaya mengemas tradisi Manee menjadi salah satu agenda wisata utama Kabupaten Talaud.

"Kami akan mengupayakan agar kawasan budaya ini dilindungi secara khusus dengan peraturan daerah, sehingga bisa menjaga kelestarian budaya dan adatnya," ujar Ganggali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com