Kamis, 18 September 2014

News / Regional

Polres PPU Layani Pembuatan SIM di Hari Minggu

Jumat, 31 Mei 2013 | 21:09 WIB

PENAJAM, KOMPAS.com - Polres Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur melayani pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) pada hari Minggu selama Juni 2013.

"Program ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian aksi bulan bakti pelayanan prima dan Hari Bhayangkara ke-67. Program ini bertajuk ’extra time’ yang dilaksanakan selama bulan Juni," kata Kapolres PPU AKBP Sugeng Utomo, Jumat (31/5/2013).    

Pelayanan hari Minggu, lanjut Sugeng Utomo, akan dibuka mulai pukul 08.00 Wita sampai pukul 12.00 Wita. Namun, jadwal pelayanan bisa ditambah bila ternyata antusias masyarakat cukup besar. Bahkan akan menyelesaikan semua pengajuan dari masyarakat hingga diterbitkannya SIM.

"Jadwalnya memang hanya sampai pukul 12.00 Wita. Tapi kalau masih ada masyarakat yang antre kami siap melayani masyarakat dan pada hari itu juga. SIM akan kami proses sampai diterbitkan. Jadi kami betul-betul memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," ucapnya.

Sugeng Utomo menyatakan, adanya penambahan waktu pelayanan SIM pada hari Minggu, karena ada masyarakat yang tidak memiliki kesempatan untuk mengurus SIM pada hari kerja, termasuk Sabtu.

Dengan adanya program tersebut, katanya, maka masyarakat memiliki kesempatan untuk mengurus SIM di Mapolres PPU.

Untuk menyosialisasikan pelayanan SIM kepada masyarakat, selain disebarkan melalui media massa, kata Sugeng Utomo, pihaknya juga sudah meminta kepada Kanit di Satlantas sampai personel polisi untuk menyampaikan langsung ke masyarakat.

"Pelayanan SIM pada hari Minggu bisa dilaksanakan, karena hanya kebijakan internal Polri tanpa melibatkan instansi terkait," ungkapnya.

Sugeng Utomo mengatakan, selama ini jumlah masyarakat yang mengurus SIM dalam setiap bulan rata-rata 100 orang. Namun, dengan penambahan jadwal pelayanan sampai Minggu, akan terjadi peningkatan hingga 10 persen selama Juni.

"Kalau peningkatannya sampai 10 persen selama Juni nanti, sangat luar biasa antusias masyarakat untuk mengurus SIM," katanya.

Selain melaksanakan penambahan jadwal pelayanan SIM pada hari Minggu tambah Sugeng Utomo, dalam rangkaian HUT Bhayangkara ke-67 juga akan dilaksanakan sejumlah kegiatan termasuk bakti sosial.

 


Editor : Farid Assifa
Sumber: