Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Greenpeace Rainbow Warrior Tiba di Bali

Kompas.com - 31/05/2013, 19:54 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Kapal perjuangan Greenpeace, Rainbow Warrior akhirnya tiba di Bali, Jumat (31/5/2013) setelah melakukan perjalanan panjang dari Australia. Sebelum berlabuh di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Rainbow Warrior generasi ketiga ini berpetualang selama 3 pekan di perairan Papua.

Kapal yang dinahkodai Pete Willcox, warga Inggris, ini mengangkut 30 awak kapal yang berasal dari berbagai negara. Kapal ini diklaim sebagai kapal paling ramah lingkungan karena 90 persen mengandalkan angin dan 10 persen mesin.

Kedatangan Kapal Rainbow Warrior ke Indonesia ini membawa sejumlah misi terkait isu lingkungan. Salah satu kampanye yang akan dilakukan di Bali adalah penyelamatan laut Indonesia.

"Kampanye ini bertujuan untuk mendukung terciptanya pengelolaan perikanan yang adil dan berkelanjutan. Kami juga bekerja menuju pembentukan jaringan kawasan perlindungan laut yang efektif serta memastikan akhir praktik penangkapan ikan yang merusak dan penangkapan ikan yang berlebihan, yang mengancam mata pencaharian lokal, ekosistem laut dan keanekaragaman hayati," ujar Arifsyah M Nasution, juru kampanye laut Greenpeace Indonesia.

Masyarakat diberi kesempatan untuk melihat langsung isi kapal Rainbow Warrior, Sabtu (1/6/2013) besok. Greenpeace telah mengundang sejumlah sekolah di Denpasar untuk dapat mengenal Rainbow Warrior lebih dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com