Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laos Belajar Pengelolaan BOS di Kota Magelang

Kompas.com - 30/05/2013, 15:58 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Mekanisme penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kota Magelang, Jawa Tengah tampaknya menarik negara Laos untuk mempelajarinya.

Sebanyak enam orang utusan dari Kementerian Pendidikan dan dua orang Kementerian Keuangan dari negera itu berkesempatan untuk belajar lebih jauh tentang pengelolaan keuangan BOS. Kedatangan mereka difasilitasi langsung oleh Bank Dunia perwakilan Indonesia.

"Kami dari Bank Dunia Indonesia sengaja memfasilitasi kunjungan mereka ke Magelang," ujar Santoso, Research Analyst World Bank perwakilan Indonesia, Kamis (30/5/2013).

Menurut Santoso, di Laos juga sebenarnya sudah mulai menyalurkan bantuan pendidikan seperti BOS sejak tahun 2012 kemarin. Namun, negara yang baru merdeka tahun 1975 tersebut, belum memiliki sistem pengelolaan terpadu dari penyaluran bantuan pendidikan yang belum lama digagasnya.

"Di Laos pendidikan kan belum semaju Indonesia, kedatangan mereka ingin tahu persis bagaimana cara pengelolaan keuangan pendidikan di sekolah. Intinya mereka ingin bangun sistem yang mapan di negaranya," ujarnya.

Sebelum ke Mota Magelang, rombongan dari Laos itu juga berkunjung ke Kementerian Pendidikan dan Pemerintah Kota Surakarta. Selain mendapat paparan dari Diknas Kota Magelang tentang pengelolaan keuangan pendidikan, mereka juga diajak melihat langsung ke sejumlah sekolah yakni SD Negeri 3 Kedungsari dan SMP Negeri 1 Kota Magelang.

Di SD Negeri 3 Kedungasari, rombongan disambut meriah oleh para murid dengan berbagai aksi. Sumardi, Kabid Pendidikan Dasar Kemendikbud Kota Magelang mengaku mengapresiasi kunjungan mereka itu. Itu artinya, pengelolaan keuangan pendidikan di Kota Gethuk ini dinilai baik.

"Senang dan bangga dengan Kota Magelang dijadikan obyek studi banding dari Kementerian Pendidikan dan Kementerian Keuangan Laos," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com