Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembilan Warga Puncak Jaya Dilaporkan Hilang

Kompas.com - 30/05/2013, 10:11 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com — Sejumlah warga yang bermukim di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, dilaporkan hilang sejak beberapa waktu lalu. Kini Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) hingga saat ini masih menunggu laporan kronologi tentang kejadian tersebut.

Wakil Ketua DPRP Papua Yunus Wonda mengaku hingga saat ini masih menunggu laporan lengkap dari keluarga yang melaporkan adanya anggota keluarga mereka yang hingga saat ini belum kembali.

"Saya masih menunggu kronologi dan nantinya berdasarkan laporan tersebut pihaknya akan melaporkannya ke pihak berwajib untuk ditindaklanjuti," kata Yunus, Kamis (30/5/2013).

Yunus menambahkan, warga yang hilang lebih dari lima orang. Dari laporan sementara yang diperoleh, hilangnya warga dimulai pasca-penyerangan pos keamanan di Tingginambut pada Februari hingga awal Mei lalu.

Sosok yang dilaporkan terakhir hilang adalah seorang kepala kampung yang baru kembali menghadiri pelantikan Gubernur Papua. "Dia dilaporkan hilang setelah melewati pos keamanan di Tingginambut," kata Yunus Wonda.

Sementara itu, Kapolres Puncak Jaya AKBP Marselis yang dihubungi Antara melalui telepon seluler mengakui, hingga saat ini, baru dua keluarga yang melaporkan ada anggota keluarganya yang hingga kini belum kembali.

"Kami masih mencari informasi apakah yang bersangkutan ada di kampung lainnya atau tidak," aku AKBP Marselis.

Data yang dihimpun Antara mengungkapkan, tercatat sembilan warga yang dikabarkan hilang, yakni Yos Kogoya (40), Janingga Tabuni (37), Sony Tabuni (35), Aibon Tabuni (32), Bongkar Telenggen (38), Eilakor Enembe (27), Kogoya (35), serta Wonda (39).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com