Rabu, 30 Juli 2014

News / Regional

Ratusan Guru di Medan Demo Tuntut Tunjangan Profesi

Rabu, 29 Mei 2013 | 15:02 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — Ratusan guru mengatasnamakan Forum Komunikasi Guru Sumatera Utara (FKGS) berunjuk rasa di Kantor Dinas Pendidikan Kota Medan di Jalan Pelita IV Medan Perjuangan, Rabu (29/5/2013). Pasalnya, lima bulan tunjangan profesi mereka belum juga diberikan.

"Sudah lima bulan tunjangan profesi kami belum dibayar, mulai November 2012. Kami mau segera dibayar," kata Ketua Umum FKGS Marudut Siringoringo.

Bahkan, Marudut mengatakan, tunjangan intensif guru nonsertifikasi dari APBN selama 2012 belum juga dibayarkan. Begitu juga dengan bantuan kesejahteraan guru dari APBD Sumut yang belum diterima sejak dua tahun terakhir.

Belum lagi kebijakan diskriminasi terhadap guru soal tunjangan daerah Kota Medan. Berdasarkan Peraturan Wali Kota Medan Nomor 3 Tahun 2011 ditetapkan Pemerintah Kota Medan memberikan tunjangan tambahan penghasilan kepada seluruh pegawai di Kota Medan.

Dalam aksi tersebut, ratusan guru meminta kepala dinas atau yang mewakili untuk keluar dari ruangan menemui pendemo dan mengakomodasi tuntutan para guru. Namun, tak ada yang menemui massa yang aksinya di jaga ketat polisi. "Kita hanya menyiagakan personel sesuai surat pemberitahuan demontrasi diterima," kata Kanit Reskrim Polsek Medan Timur AKP Ridwan. 


Penulis: Kontributor Medan, Mei Leandha
Editor : Glori K. Wadrianto