Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Blokade Landasan Pacu Bandara Sorong

Kompas.com - 29/05/2013, 12:22 WIB

SORONG, KOMPAS.com - Puluhan warga berdemonstrasi dengan memblokade landasan pacu Bandara Domine Eduard Osok, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (29/5/2013), sehingga mengakibatkan sejumlah penerbangan gagal terbang dan mendarat.

Wartawan Antara melaporkan aksi warga itu berlangsung sejak pukul 11.20 WIT. Mereka masuk landasan pacu dengan berjalan kaki dan menaiki sepeda motor tanpa ada penjagaan dari petugas keamanan bandara.

Sekitar 150 orang penumpang pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ571 tujuan Makassar-Surabaya-Yogyakarta-Jakarta, termasuk pewarta Antara yang seharusnya terbang pukul 11.40 WIT, sempat tertahan sekitar 30 menit dalam kabin pesawat.

Setelah menunggu beberapa saat belum ada tanda-tanda demo akan bubar, Pilot Sriwijaya Air SJ571, Kapten Gusti, memberitahukan kepada penumpang untuk turun dari pesawat dan kembali ke ruang tunggu bandara sambil menunggu proses negosiasi pihak kepolisian dengan warga selesai.

Menurut sejumlah petugas di Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, demo warga itu terkait masalah lahan itu sudah berulang kali terjadi dan mengganggu jadwal penerbangan.

Selain Sriwijaya Air, beberapa jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat tertunda, antara lain Wing Air tujuan Fak Fak, Merpati tujuan Teminabuan, Pelita Air tujuan Balikpapan-Jakarta, dan Express Air.

Hingga informasi ini dilaporkan, aparat kepolisian dari Polres Sorong dan petugas bandara masih melakukan negosiasi dengan warga agar bersedia meninggalkan landasan pacu.

Sementara ratusan penumpang saat ini memenuhi ruang tunggu dan sebagian penumpang lainnya memilih berada di luar, karena ruang tunggu sudah penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com