Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah di Polewali Mandar Terendam Banjir

Kompas.com - 28/05/2013, 15:20 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Meski sempat surut beberapa jam, banjir kembali merendam ratusan rumah dan areal pertanian termasuk lahan tambak di Desa Mammi, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Banjir terjadi setelah daerah itu diguyur hujan deras sejak Senin (27/5/2013) malam hingga Selasa (28/5/2013) subuh dini hari tadi.

Dalam pantauan Kompas.com, ketinggian air mencapai 30 cm hingga satu meter. Kondisi itu cukup mengganggu aktivitas warga Desa Mammi. Apalagi banjir juga merendam jalan penghubung antar-Kecamatan Binuang dengan Polewali sehingga menganggu akses warga dua kecamatan tersebut. 

Warga mengaku banjir di daerah ini kerap terjadi di musim hujan. Buruknya sistem drainase kota serta penyempitan dan pendangkalan beberapa anak sungai Binuang menjadi pemicu utama banjir di daerah ini.

"Banjir memang sempat surut beberapa jam, namun kembali naik setelah kembali diguyur hujan sejak kemarin," ujar Sapri, warga Mammi, Selasa.

Selain merendam pemukiman dan jalan, banjir juga merendam puluhan hektar sawah dan tambak siap panen. Akibatnya para petani dan petambak mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Warga berharap Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar segera memperbaiki drainase di permukiman penduduk agar bila hujan datang, daerah mereka tidak lagi menjadi langganan banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com