Senin, 20 Oktober 2014

News / Regional

Kemenangan Ganjar Jadi Motivasi Cagub Jatim

Senin, 27 Mei 2013 | 15:56 WIB

Terkait

SURABAYA, KOMPAS.com — Kemenangan pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng memberi angin segar bagi pasangan cagub-cawagub Jatim, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah. Pasangan yang diusung PDI Perjuangan itu setidaknya semakin percaya diri untuk memenangi Pilgub Jatim.

''Kami menjadi semakin yakin bahwa memang sudah saatnya PDI-P memimpin Jatim setelah menang di DKI Jakarta dan Jateng,'' kata Sirmaji, Ketua DPD PDI-P Jatim, Senin (27/5/2013).

Namun, dia tidak bersedia mengungkap apa pelajaran yang dapat diambil dari Pilgub Jateng untuk diterapkan di Pilgub Jatim. ''Strategi itu sifatnya rahasia. Yang jelas, pasangan Bambang-Said menjadi lebih termotivasi setelah informasi kemenangan Ganjar-Heru di Jateng,'' ungkapnya.

Hasil penghitungan sementara Pilgub Jateng menunjukkan keunggulan pasangan Ganjar-Heru. Berdasarkan penghitungan cepat (quick count) yang dilakukan Jaringan Suara Indonesia, Ganjar-Heru yang diusung PDI-P memperoleh 48,55 persen suara, Bibit Waluyo-Sudijono (Demokrat-Golkar-PAN) 30,29 persen, dan Hadi Prabowo-Don Murdono (Gerindra-PKS) 21,18 persen.

Pilgub Jatim yang akan berlangsung pada Agustus mendatang diikuti empat pasangan calon. Pesaing pasangan Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah yang diusung PDI-P adalah pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf yang didukung mayoritas partai di DPRD Jatim dan partai nonparlemen dan pasangan Khofifah Indar Parawansah-Herman Sumawiredja yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan lima partai nonparlemen.

Selain itu, untuk kali pertama, Pilgub Jatim akan diikuti kontestan dari jalur independen, yakni pasangan Eggi Sudjana yang menggandeng Muhammad Sihat.


Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Kistyarini