Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ODHA di Lampung Masih Alami Diskriminasi

Kompas.com - 25/05/2013, 10:29 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Provinsi Lampung masih mengalami diskriminasi dari petugas pelayanan kesehatan.

"Mereka menggunakan alat pengaman yang berlebihan saat melayani kami," kata salah satu ODHA di Lampung, Mariana, saat bersilaturahim di Sekretariat Kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung, Sabtu (25/5/2013).

Menurut Mariana, perlakuan lain yang kurang menyenangkan dari petugas kesehatan di salah satu rumah sakit pemerintah di Lampung itu adalah ulah petugas yang tidak menyembunyikan identitas ODHA yang sedang dirawat di sana.

"Ada salah satu ODHA dampingan kami diperlakukan tak wajar. Secara terang-terangan dokter itu berkata: ’Ya wajar saja kalian terkena HIV/AIDS, perilaku kalian seperti itu’, dan perkataan itu justru disampaikan di bangsal, sehingga perhatian orang di dalam ruangan itu tertuju kepada rekan kami itu," kata Mariana.

Mariana menambahkan, ODHA tersebut sampai menangis. Kondisi kesehatannya pun terus menurun karena dia stres menerima perlakuan diskriminasi itu.

ODHA lain, Ade Komariyah, menambahkan, perlakuan lain yang kurang menyenangkan adalah masih ada dokter yang memberi resep salah.

"Semestinya kami mendapat obat VCR sebanyak dua keping, tetapi pelayan kesehatan hanya memberi satu. Padahal dosis kami dalam sehari harus minum dua obat," katanya.

Ade menjelaskan HIV/AIDS merupakan penyakit menular, tetapi tidak mudah untuk ditularkan. Masyarakat tidak perlu bersikap yang berlebihan saat bertemu dengan ODHA.

"HIV/AIDS hanya bisa menular melalui darah, cairan pelumas, dan hubungan seksual," ujarnya.

Ade menambahkan, orang yang terinveksi HIV/AIDS tersebut memiliki hak yang sama seperti masyarakat lainnya. "Jangan sampai karena kami tertular, kami dibuat tidak nyaman berada di lingkungan masyarakat umum," ujar Ade.

Sementara itu, dalam rangka penguatan terhadap ODHA, Elvina Harahap, salah satu ODHA lainnya, mengatakan, akan melaksanakan malam renungan HIV/AIDS Nusantara pada Minggu (26/5/2013) yang berlangsung di ruang pertemuan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com