Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Sikapi Hasil UN dengan Positif

Kompas.com - 24/05/2013, 08:21 WIB
Agnes Rita Sulistyawaty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia meminta seluruh pihak menyikapi hasil ujian nasional (UN) SMA/SMK/MA yang secara resmi diumumkan hari ini, Jumat (24/5/2013). Asrorun Niam Sholeh, Ketua Divisi Sosialisasi KPAI, mengatakan, siswa yang lulus harus bersyukur dan mempersiapkan kelanjutan jenjang pendidikan tinggi, dengan memilih lembaga yang sesuai minat bakatnya. "Bagi yang tidak lulus, jangan larut dalam kesedihan," pinta Asrorun dalam keterangan pers.

Dia juga meminta siswa yang lulus ujian agar tidak melakukan corat coret baju, pesta pora, arak-arakan, vandalisme, dan berbagai tindakan tidak terpuji lainnya dalam mengekspresikan kelulusan UN. Pihak sekolah juga harus mencegah langkah tidak terpuji itu dengan melakukan langkah promotif, menyiapkan acara yang positif, seperti syukuran, bakti sosial, sumbangan buku dan pakaian layak pakai untuk anak yang membutuhkan, serta langkah preventif mencegah aksi corat coret dan tindakan destruktif lainnya.

Aparat pemerintah baik dinas pendidikan, dinas sosial, ketentraman dan ketertiban, dan penegak hukum harus mengantisipasi untuk mencegah terjadinya tindakan destruktif sebagai ekspresi kelulusan siswa.

Asrorun juga meminta media tidak memberikan porsi pemberitaan pada aksi corat-coret, arak-arakan, vandalisme, dan tindakan destruktif lain yang dilakukan sebagai perayaan kelulusan UN. Langkah ini mewujudkan tanggungjawab moral dalam mewujudkan perlindungan anak agar tidak ditiru oleh kawan sebayanya, serta oleh anak SMP dan SD nantinya. Sementara, ragam kegiatan positif sebagai ekspresi kelulusan UN penting untuk disiarkan sebagai cermin pemihakan dan tanggung jawab pada perlindungan anak secara substantif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com