Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilbup Temanggung, 4 Calon Tak Punya Hak Pilih

Kompas.com - 23/05/2013, 22:04 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Dua calon Bupati (Cabup) dan dua calon Wakil Bupati Temanggung dipastikan tidak dapat menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Temanggung yang akan digelar Minggu 26 Mei 2013 mendatang. Hal tersebut karena keempatnya tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Kabupaten Temanggung.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Temanggung Sudjatmiko kepada Kompas.com di Temanggung, Kamis (23/5/2013). Sudjatmiko menerangkan, Calon Bupati Fuad Hidayat adalah warga Kota Semarang sehingga dia hanya dapat menggunakan hak suaranya untuk Pemilihan Gubernur (pilgub) Jawa Tengah yang pelaksanaannya bersamaan dengan Pilbup. Sedangkan Calon Bupati Anif Punto merupakan warga DKI Jakarta sehingga tidak mempunyai hak pilih baik dalam pilbup maupun pilgub.

Selain dua cabup itu, lanjut Sudjatmiko, hal yang sama juga berlaku untuk calon wabup yang diusung PDIP, Irawan Prasetyadi, karena ber-KTP Tangerang, Provinsi Banten. Sedangkan calon wabup dari jalur independen, Tri Murdoko merupakan warga Bandung, Jawa Barat.

Sisanya, Bambang Sukarno (Cabup PDIP), Budidojo (Cawabup PAN), Hadi Kuswanto (Cabup jalur perorangan) dan pasangan Budiarto - Dedy Haryadi (Partai Golkar, Hanura, PKNU, PPP dan Demokrat) dipastikan bisa menggunakan hak suaranya di TPS yang telah ditentukan.

Bambang Sukarno akan memilih di TPS di Kampung Bendo, Kelurahan Kertosari, Kecamatan Temanggung. Budiarto di TPS Perum Srimpi Baru, Madureso, Kecamatan Temanggung. Dedi Haryadi mencoblos di TPS Kauman Parakan, Kecamatan Parakan dan Kuswanto di TPS Desa Lungge, Kecamatan Temanggung.

Sementara itu, untuk mengantisipasi pemilih yang tidak menggunakan hak suara, KPU Temanggung selama Kamis hingga Jumat (23-24/5/2013) melakukan sosialisasi di pusat-pusat keramaian seperti pasar, terminal dan tempat keramaian lainnya. Dalam sosialisasi tersebut, KPU menggandeng takmir masjid dan musala di desa-desa untuk menyiarkan melalui pengeras suara dan mengingatkan bahwa pemilihan Bupati Temanggung sekaligus Pilgub Jateng akan digelar pada Minggu kliwon, 26 Mei 203 mendatang.

"Untuk menarik perhatian, kami juga memanfaatkan kesenian daerah seperti jaran kepang, dayakan dan lainnya," ungkapnya.

Sudjatmiko juga berharap, para pemilih yang berada di luar kota bisa pulang kembali ke Temanggung untuk memberikan hak suaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com