Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Jemaah Haji NTB Mulai Lunasi Biaya

Kompas.com - 23/05/2013, 19:31 WIB
Khaerul Anwar

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Jemaah calon haji di Nusa Tenggara Barat mulai melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk musim haji tahun 2013.

Jumlah pelunasan dihitung dari BPIH yang disetor sebelumnya dalam rupiah, lalu dikonversi ke mata uang dollar Amerika Serikat. Untuk NTB BPIH tahun ini sebesar 3.752 dollar AS atau Rp 37.051.000 tiap jemaah. Nilai itu sesuai kurs hari Kamis (23/5/2013) sebesar Rp 9.875 per dollar AS.

"Sampai pukul 15.30 WIB, Kamis, jumlah calon Jemaah yang sudah melunasi BPIHnya 371 orang. Sebanyak 154 orang di antaranya Jemaah asal Kota Mataram," kata Muliarta, Humas Kantor Kanwil Kemenag Provinsi NTB, Kamis sore, di Mataram.

Tiga hari setelah menyetor kekurangan BPIH di kantor bank penerima setoran, para jemaah harus mendaftar ulang ke Kantor Kemenag kabupaten atau kota. Diharapkan proses pelunasan berjalan lancar, sehingga proses administrasi juga berjalan lancar.

Sebagaimana setahun sebelumnya, kata Kepala Kantor Kemenag Provinsi NTB, H Usman, kuota jemaah haji asal NTB tahun ini sejumlah 4.494 orang, sudah termasuk Tim Pendamping Haji Daerah di dalamnya.

Tahun ini jeemaah calon haji yang diberangkatkan dari urut 37.251 hingga 41.800. Nomor urut itu bisa berubah, bila ada jemaah yang dinyatakan mengundurkan karena beberapa alasan seperti tidak bisa melunasi BPIH sampai batas waktu yang ditentukan, pada 12 Juni. Pelunasan dimulai 22 Mei lalu. "Soal ada tidaknya tambahan kuota, itu wewenang Pemerintah Arab Saudi," ujar Usman .   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com