Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambang Freeport Papua Diklaim Teraman di Dunia

Kompas.com - 23/05/2013, 16:49 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — CEO Freeport McMoRan Copper Gold Inc, Richard C Adkerson, mengklaim tambang Freeport di Indonesia merupakan tambang teraman bagi keselamatan kerja di dunia, paling tidak dibandingkan dengan tambang Freeport di Amerika Serikat, Cile, Peru, dan Afrika.

"Freeport Indonesia mengungguli kinerja lainnya dari aspek keselamatan kerja, khususnya bila dibandingkan dengan tambang kami di AS, Cile, Peru, dan Afrika," kata Richard saat konferensi pers di Hotel Mulia Jakarta, Kamis (23/5/2013).

Richard menambahkan bahwa kegiatan penambangan, khususnya pertambangan bawah tanah, merupakan kegiatan paling berisiko tinggi. Terlebih lagi, tambang Freeport di Indonesia berada di kawasan khatulistiwa dengan curah hujan yang tinggi sehingga potensi tersebut menyebabkan potensi kecelakaan kerja semakin tinggi pula.

Namun, Freeport Indonesia mengklaim telah melakukan keamanan dan keselamatan kerja sesuai dengan aturan yang ada. "Hingga saat ini, kami masih investigasi penyebab keruntuhan tersebut secara pasti. Kami juga tidak menyangka adanya bencana ini. Seluruh keluarga besar Freeport di seluruh dunia bersimpati atas kejadian ini," tuturnya.

Dia berjanji, Freeport Indonesia akan melibatkan tenaga ahli dari seluruh dunia, khususnya untuk mengkaji penyebab kejadian ini dan akan belajar kembali dari kejadian ini di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com