Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Perdagangan: Harga Daging Sapi Harus Rp 75.000

Kompas.com - 23/05/2013, 16:19 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyatakan dirinya telah berkomitmen untuk menurunkan dan menstabilkan harga daging sapi yang saat ini menyentuh angka Rp 95.000. Menurutnya, harga daging sapi idealnya berada di kisaran Rp 75.000 - Rp 76.000. Dan, harga tersebut harus terealisasi sebelum bulan Ramadan tahun ini tiba.

"Mungkin yang perlu diperhatikan adalah harga daging sapi yang masih Rp 95.000 per kilo. Saya sudah berkomitmen untuk menurunkan harga sebelum bulan Ramadan. Amanah dari presiden harga daging sapi harus sama seperti tahun lalu yang rata-rata hanya Rp 75.000," papar Gita saat ditemui seusai inspeksi harga di Pasar Kosambi Kota Bandung, Kamis (23/5/2013).

Untuk dapat menstabilkan harga daging sapi di pasaran, kata Gita menambahkan, pemerintah mau tidak mau harus meningkatkan pasokan.

"Memang kalau pasoknya kurang dari dalam negeri harus didatangkan dari tempat lain (impor, red)," ucap Gita.

Dia menambahkan, pada dasarnya yang menjadi prioritas pedagang bukan hanya daging sapi yang sudah dipotong saja. Banyak pedagang yang membutuhkan pasokan daging sapi bakalan (sapi hidup).

Pria yang dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai presiden RI 2014 mendatang ini mengaku optimistis harga daging sapi bisa stabil seperti yang diharapkannya.

"Kalau kita bisa bekerja sama dengan Menteri Pertanian maka harga (daging sapi) dalam waktu dekat bisa turun dan memenuhi target, agar stabilitas harga daging sapi bisa tercapai sebelum bulan Ramadan. Pedagang pasti senang kalau harga bisa turun ke angka 75-76 ribu," katanya.

Gita pun mengungkapkan, pada saat inspeksi di Pasar Kosambi Kota Bandung, dirinya menerima banyak keluhan dari pedagang daging karena melonjaknya harga.

"Pedagang banyak yang mengeluh penjualannya turun sampai 50 persen karena kenaikan itu. Pedagang yang biasanya jualan satu ekor, karena harganya naik jadi hanya menjual setengah ekor," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com