Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini NTT Pilih Gubernur

Kompas.com - 23/05/2013, 03:07 WIB

Kupang, Kompas - Hari ini masyarakat Nusa Tenggara Timur memilih gubernur dan wakil gubernur periode 2013-2018. Pemilihan gubernur putaran kedua ini diikuti dua pasangan calon gubernur, yakni Frans Lebu Raya-Beny Litelnoni dan Esthon Foenay-Paul Talo. Di Kabupaten Sikka, pemilihan gubernur bersamaan dengan pemilihan bupati dan wakil bupati setempat.

”Sejauh ini pendistribusian logistik pilkada tidak ada halangan berarti. Kami jamin, Rabu sore seluruh kelengkapan logistik tiba di setiap TPS,” ujar Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT Djidon de Daan, Rabu (22/5).

Menurut dia, seluruh logistik hingga Rabu pagi sudah tiba di pusat kecamatan, tetapi belum bisa langsung diteruskan karena pembangunan tempat pemungutan suara (TPS) belum rampung. ”Pembangunan seluruh TPS dipastikan rampung Rabu sore dan saat itu juga logistik langsung didistribusikan ke setiap TPS,” ucapnya.

Pilkada NTT putaran kedua diikuti pasangan Frans Lebu-Benny (PDI-P) dan Esthon-Paul (Gerindra-PDS). Frans dan Esthon kini Gubernur dan Wagub NTT. Tercatat 3.027.283 pemilih tersebar di 8.360 TPS.

Di Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, Rabu pagi, petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara setempat sibuk mendistribusikan blangko C6 yang berisikan undangan kepada pemilih. ”Jumlah pemilih di desa kami 1.269 orang, tetapi blangko C6-nya masih kurang 13 lembar. Kekurangan sedang dicek kembali di kecamatan, tetapi mungkin difotokopi saja,” tutur Kepala Desa Baumata Yesaya Atolo.

Kesibukan yang sama terlihat di desa tetangganya, Baumata Timur. ”Masih ada sebagian kecil pemilih yang belum menerima undangan mencoblos. Petugas sedang mendistribusinya,” tutur Kepala Desa Baumata Timur Daniel Baitanu.

Juru Bicara KPU Sikka Alfons Hilarius Ase mengatakan, pemilihan bupati dan wakil bupati Sikka bersamaan dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT. Semua logistik dan fasilitas pendukung telah didistribusikan ke 628 TPS di seluruh Sikka. Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Sikka yang bertarung adalah Ansar Rera-Paul Nong Susar (Partai Gerindra) dan Alex Longginus-Robi Idong yang didukung PDI-P. (ANS/KOR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com