Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Hindu Center Telusuri Sejarah Hindu di Sulsel

Kompas.com - 22/05/2013, 19:32 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com--Pengurus The Hindu Center of South Sulawesi mulai melakukan penelusuran sejarah agama Hindu di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) setelah resmi didirikan pada 19 Mei 2013.

Divisi Pengembangan The Hindu Center Indonesia, I Putu Ary Widiartha, di Makassar, Rabu, menjelaskan, akan melakukan pendataan terkait jumlah penganut, kebudayaan, ritual dan sejarah Hindu di Sulsel.

"Pelaksanaan agenda dilaksanakan secara bertahap, kita mencari informasi terlebih dahulu, terus agenda penjajakan lapangan," jelasnya usai bersilaturahim dengan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang.

Agenda penjajakan tersebut akan dilaksanakan langsung oleh Direktur The Hindu Center of South Sulawesi Wayan Budiarta dan pengurus yang juga telah dilantik pada 19 Mei 2013.

Ia mengatakan, hingga kini The Hindu Center telah ada di 15 provinsi di Indonesia termasuk yang akan didirikan pada Juli 2013 di Blambangan, Blitar, Bandung dan Tengger.

"Tujuan utama pendirian untuk mencari ’database’ terkait sejarah agama Hindu agar jangan sampai lenyap ke depan," katanya.

Di Sulsel, kata dia, ada sekitar 200 ribu penganut dan kepercayaan diantaranya di Kabupaten Sidrap, Toraja, Selayar dan Wajo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com