Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Tak Surutkan Niat Kapolda NTT Pantau Pilgub

Kompas.com - 21/05/2013, 21:17 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur hampir semua kabupaten di wilayah daratan Timor Barat, tak menyurutkan semangat Kepala Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigadir Jenderal (Brigjen) I Ketut Untung Yoga Ana untuk meninjau kesiapan pengamanan menjelang pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT yang akan digelar Kamis (23/5/2013) besok.

"Saya secara acak, mau melihat kesiapan untuk tempat pemungutan suara (TPS), terutama kaitannya dengan kesiapan pengamanan. Tadi rencananya mau melihat satu atau dua TPS yang ada di sini, tetapi karena hujan maka tadi saya sudah arahkan untuk besok pagi mereka bisa lakukan koordinasi dan tidak ikut campur soal pencoblosannya, tetapi ikut campur soal ketertiban di area penyelenggaraan pencoblosan itu," jelas Untung Yoga Ana di Mapolres Timor Tengah Utara (TTU), Selasa (21/5/2013) malam.

Untung melanjutkan, soal jumlah petugas polisi yang akan dikerahkan untuk mengamankan Pilgub NTT tergantung hasil pemeriksaan letak geografis. Misalnya, ada yang satu polisi mengawasi dua TPS, dibantu oleh petugas Linmas. Ada juga satu polisi untuk satu TPS. Namun, ada juga satu polisi yang mengawal empat sampai lima TPS yang berdekatan sehingga nanti polisi itu akan berkeliling.

Sebagai Kapolda, Untung mengaku harus melihat pelaksanaan pengamanan di lapangan, apakah sesuai dengan rencana atau tidak. Dia sendiri melakukan pemantauan di tiga kabupaten, yakni Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU), dan Belu.

Untuk diketahui, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT yang maju ke putaran kedua yakni pasangan petahana Frans Lebu Raya (Gubernur NTT sekarang)-Benni Alexander Litelnoni yang meraih 681.273 suara (29.80 persen) dan Esthon L Foenay (Wakil Gubernur NTT sekarang) berpasangan dengan Paul Edmundus Tallo yang meraih 515.836 suara (22,56 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com