Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Sediakan Beasiswa Rp 500 Juta

Kompas.com - 21/05/2013, 14:16 WIB
Siwi Yunita Cahyaningrum

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Para siswa lulusan SMA yang berperstasi namun berasal dari keluarga tidak mampu yang ingin melanjutkan kuliah, jangan berkecil hati dan merasa minder.

Mereka bisa mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Tahun ini pemda menyediakan beasiswa Rp 500 juta untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri.

Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyono, Selasa (21/5/2013) mengatakan, ada dua kategori beasiswa yang diberikan pemkab, yakni beasiswa penuh sampai akhir masa studi dan beasiswa masuk perguruan tinggi.

Beasiswa penuh termasuk SPP dan uang saku diberikan kepada siswa yang tak mampu namun berprestasi.

Adapun beasiswa masuk perguruan tinggi diberikan untuk siswa berprestasi. Tetapi untuk sementara waktu, beasiswa penuh baru diberikan kepada siswa yang lolos ujian masuk di Universitas Jember dan Sekolah Tinggi Ilmu Agama Negeri Jember .

"Syaratnya mereka harus lulus ujian masuk perguruan tinggi, dan disaring. Kalau ternyata kuotanya lebih dari 50 siswa yang memenuhi syarat, kami bisa mengajukan tambahan dana beasiswa dari APBD lagi," kata Sulihtiyono.

Khusus untuk beasiswa penuh, para siswa akan mendapatkan dana Rp 12 juta setahun. Selanjutnya para penerima beasiswa itu harus konsisten menunjukkan prestasinya dengan capaian nilai IPK minimal 3,5 untuk sosial dan 3,0 untuk eksakta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com