Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotak Suara Untuk Pilgub Jateng Banyak yang Rusak

Kompas.com - 18/05/2013, 16:25 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Kotak suara yang digunakan untuk pilihan gubernur Jawa Tengah, yang ada di KPUD Kendal, ternyata sudah berusia 10 tahun. Kotak suara yang terbuat dari almunium tersebut, pertama datang ke kantor KPUD Kendal, pada tahun 2003. Selain kotak suara, KPUD juga menyimpan bilik suara yang jumlahnya, 8352. Sementara yang rusak ada 82 buah.

Hal itu diungkapkan oleh ketua KPUD Kendal, Abdullah Sachur, Sabtu (18/5). Menurut penjelasan Sachur, kotak suara yang digunakan untuk pilihan gubernur Jateng 2003 tersebut, dulunya ada 10.464, namun karena usia sudah ada yang rusak. "Jumlah yang rusak ada 357 kotak suara . Kebanyakan kerusakan itu, di engselnya. Sebab terbuat dari besi biasa," kata Sachur.

Sachur menjelaskan, dalam pilihan gubernur tersebut, KPUD hanya menggunakan 1662 kotak suara dan 3.324 bilik. "Satu TPS nanti, ada 1 kotak suara dan 2 bilik," akunya. Sachur menambahkan, sisa kotak suara dan bilik suara tersebut, sekarang masih disimpan di gudang milik KPUD, dan akan digunakan pada pilihan legislatif mendatang.

Terkait dengan kotak suara dan bilik suara pilgub tesebut, ujar Sachur, sekarang sudah didistribusikan ke kecamatan-kecamatan. Sementara itu, anggota Panwa Kabupaten Kendal, Ali Rozikin, mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan dipakainya kota suara dan bilik suara yang usianya sudah bertahun tahun.

Asalkan, kotak suara dan bilik suara tersebut masih baik dan tersegel sesuai aturan yang ada. "Kami melihat kotak dan bilik suara yang dipakai masih memenuihi syarat. Jadi tidak memenuhi syarat," jelas Ali Rozikin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com