Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Mancur Alun-Alun Kalirejo Ungaran Bakal Serupai Air Mancur Monas

Kompas.com - 18/05/2013, 05:17 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com — Air mancur ala Monas bakal dihadirkan di Kota Ungaran,Jawa Tengah. Kehadirannya untuk melengkapi kawasan alun-alun Kalirejo, sebuah landmark terbaru di ibu kota Kabupaten Semarang ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang, Totit Oktoriyanto, mengatakan, pembuatan air mancur di alun-alun Kalirejo rencananya menyerupai air mancur menari di Monas, Jakarta. Terdapat sebuah bungker untuk maintenance atau ruang kontrol untuk menggerakkannya. "Jadi air mancurnya bisa menari. Tapi kemungkinan tidak sama persis di Jakarta, karena untuk membuat air mancur tersebut membutuhkan anggaran sekitar Rp 7 miliar," kata Totit, Jumat (17/5/2013).

Pembangunan air mancur bergoyang, kata Totit, merupakan bagian sisa pekerjaan kawasan alun-alun Kalirejo yang meliputi juga pembangunan panggung, stan pedagang kaki lima, dan pujasera kuliner. Total anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 13 miliar dalam penetapan APBD 2013. "Rincian anggarannya saya tidak hafal satu per satu. Namun, untuk pemasangan air mancur dan lapangan sebesar Rp 2,6 miliar. Akhir tahun ini diharapkan sudah selesai dan tahun 2014 bisa operasional," Jelas Totit.

Seiring mulai beroperasioanalnya alun-alun Kalirejo, Totit menambahkan, Dinas PU bakal memindahkan para PKL yang ada di alun-alun mini Sidomulyo. Namun, PKL yang berjualan di sana harus memiliki standar pelayanan dan perlengkapan yang berkualitas. "Saya menginginkan, alun-alun Kalirejo ini bisa hidup tidak hanya Sabtu dan Minggu, melainkan bisa hidup setiap hari. Untuk itu para PKL harus mempunyai standardisasi mulai dari pelayanan, penjualan, pengolahan, dan penyajiannya kepada konsumen," tambah Totit.

Dapat diinformasikan, Ungaran sebagai ibu kota Kabupeten Semarang saat ini mempunyai tiga alun-alun. Pertama, alun-alun lama Kauman yang berada diantara Jl HOS Cokroaminoto dahulu merupakan kawasan kawedanan, saat ini dikenal sebagai sentra kuliner nasi goreng pada malam hari. Kedua, alun-alun Sidomulyo, atau dikenal sebagai alun-alun mini berada tepat di rumah dinas Bupati, Jl Ahmad Yani.

Di alun-alun Sidomulyo, selain ada PKL pada malam hari, juga ada pasar kaget setiap minggu pagi. Posisinya yang berhadapan langsung dengan teras Masjid Agung sering kali menimbulkan polemik seputar fungsi sosial dan sentimen agama. Adapun alun-alun ketiga adalah alun-alun Kalirejo yang baru saja diresmikan pada 25 Februari 2013, termasuk di dalamnya adalah gedung serbaguna. Alun-alun ini tepat berada disisi kiri exit tol Kalirejo, yang disukai keberadaannya dan sangat diminati para pehobi inline skate karena lintasannya yang halus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com