Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mampu Bayar Operasi, Bocah Hidrosefalus Dicarikan Dukun

Kompas.com - 17/05/2013, 14:13 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Kepala Reski, bocah berusia 3 tahun 6 bulan penderita penyakit hidrosefalus di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terus membesar hingga melebihi ukuran bola sepak. Jangankan bisa berjalan dan bermain-main, menggerakkan badan dan kepalanya tak bisa dilakukannya.

Meski sudah berkali-kali dibawa ke rumah sakit dan dokter ahli, karena terhambat mahalnya biaya operasi, anak buruh tani kelapa sawit yang lahir di Malaysia itu tak kunjung terobati. Bahkan, anak ni harus mencari pertolongan kepada dukun kampung akibat minimnya biaya.

Reski kini menetap di Dusun Kenari, Desa Katumbangan, Kecamatan Campalagian, Polewali Mandar. Dia adalah putri pasangan Jafar dan Hasma yang kini bekerja di Malaysia. Tiga bulan sejak dilahirkan melalui persalinan normal lebih dari 3 tahun lalu, pertumbuhan kepala Reski mulai terlihat mengalami kelainan. Hingga kini, Reski dirawat oleh kakek dan neneknya.

Semakin hari, ukuran kepalanya semakin membesar dan semakin lembek. Jafar dan Hasma yang bekerja sebagai buruh kelapa sawit di Malaysia memang tak mampu membiayai pengobatan anaknya. "Sudah banyak dukun yang tangani tapi belum ada perubahan. Kepalanya malah makin membesar," ujar Moundu, kakek Reski, Jumat (17/5/2013).

Moundu mengaku kini hanya pasrah melihat kondisi pertumbuhan fisik Reski, terutama pembesaran di kepala yang terus bertambah, sementara badannya makin kurus. 

****

Informasi penyaluran bantuan untuk Reski, hubungi: redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com