Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Apotek di Kuala Tungkal Jual Bebas Dextro ke Remaja?

Kompas.com - 17/05/2013, 01:15 WIB

JAMBI, KOMPAS.com — Salah satu apotek di Kota Kuala Tungkal, ibu kota Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, diduga menjual pil Dextro secara bebas ke pelajar. Pil ini adalah salah satu jenis obat penenang yang penjualan dan konsumsinya harus atas alasan medis dan memakai resep dokter.

Dugaan apotek yang berada di kawasan pasar ini menjual pil Dextro mencuat karena selalu ramainya apotek itu oleh anak-anak muda berusia antara 15-18 tahun. Dalam setengah jam, apotek itu disambangi tak kurang dari lima remaja yang masuk dengan gerak-gerik serupa, yaitu mengobrol dengan pramuniaga, membayar, dan langsung pergi.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjung Jabung Barat, Ahmad Putra, saat dikonfirmasi, Kamis (16/5/2013), mengaku akan segera memanggil pengelola apotek tersebut. "Bila memang benar dan terbukti akan kami berikan peringatan. Masih membandel juga, cabut izinnya," katanya.

Kasus apotek menjual obat Dextro kepada pelajar ini, kata Putra, pernah terjadi sebelumnya di wilayah ini. Pemilik apotek juga langsung mendapat peringatan untuk tak melanjutkan praktik tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Dextro ternyata mudah didapatkan. Pembeli dapat bertransaksi langsung dengan pramuniaga tanpa butuh waktu lama. Pembeli tinggal menyodorkan uang Rp 10.000, dan akan segera mendapatkan satu bungkusan kecil berisi sekitar 10 butir pil Dextro.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com