Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangian, Musik Lokal Tak Lekang Zaman

Kompas.com - 16/05/2013, 16:35 WIB

Oleh: Herpin Dewanto dan Siwi Yunita C
Jujur sun akoni ati ingsun seng lilo/ jujur sun akoni welas iki yo mung kanggo riko…// (jujur ku akui hatiku tak rela/ jujur ku akui sayang ini hanya untuk dirimu…) //

Penggalan lagu cinta berjudul ”Sun Akoni” itu mengalun ceria. Penyanyi aslinya adalah Demi Ganden. Namun, pada Sabtu (2/3), Dewa Arya (25) menyanyikan lagu itu layaknya seorang artis betulan.

Pemuda itu berkaraoke di Sinar FM, stasiun radio komunitas di Desa Pengantigan, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Siarannya bisa didengar hingga radius 5 kilometer. Pendengar radio pun heboh. Arimbi, sang disc jockey radio komunitas Sinar FM, kebanjiran pesan singkat (SMS) yang isinya meminta lagu itu dinyanyikan ulang.

”Ayo Mas, diputer maneh tembange... marai kelingan sing lawas yoo... (Ayo Mas, diputar lagi lagunya... bikin ingat yang lama, ya),” ujarnya.

Di perkampungan, lagu itu pun ditirukan Ardi (33), penjual rujak soto di Rogojampi, Banyuwangi. Suaranya yang mengalun membawakan lagu banyuwangian itu dalam nada yang mendayu-dayu. Di lapak-lapak penjual CD, lagu yang dinyanyikan Demi itu pun diputar berkali-kali tanpa henti.

Selain ”Sun Akoni”, lagu lain yang sedang melejit adalah ”Layang Sworo” yang dinyanyikan artis lokal Ratna Antika. Lagu ini juga dibuat dalam beberapa versi musik, mulai dari slow, tradisional, hingga koplo, tetapi tetap dengan bahasa Using (banyuwangian) dan Jawa.

Tidak hanya di radio komunitas, radio komersial-profesional pun ikut keranjingan lagu banyuwangian. Sebut, misalnya, radio Blambangan FM. Radio ini punya blocking time khusus untuk tembang banyuwangian, mulai dari musik banyuwangian terbaru hingga klasik seperti kendang kempul atau patrol.

Bagi warga Banyuwangi, lagu banyuwangian memang menarik karena lebih asyik dan lebih sering cocok mengena di hati seperti perkataan kisah sehari-hari. Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Jember Ayu Sutarto mengatakan, lagu banyuwangian merupakan cermin semangat identitas warga Banyuwangi.

”Sejak dulu masyarakat Banyuwangi merasa bukan Bali atau Jawa. Maka, identitas Using ini ditonjolkan dan akan terus bertahan,” kata Ayu.

Musik banyuwangian memang menjadi tuan rumah di tempat sendiri. Daerah ini tak pernah sepi dari karya seni musik. Andang CY, seniman sekaligus pencipta lagu, mengatakan, awalnya musik banyuwangian berasal dari alat tradisional seperti gamelan, angklung bambu, hingga patrol, atau musik klotekan dalam istilah Jawa. ”Dulu orang membawa alat musik bambu saat jaga keliling kampung. Mereka memainkan dengan harmoni, dan muncullah tradisi patrol sampai saat ini,” kata Andang.

Musik angklung pun terdorong dari budaya agraris masyarakat Banyuwangi. Purwadi (50) atau Mang Pur, sesepuh desa adat Using Kemiren di Banyuwangi, mengatakan, masyarakat Using punya kebiasaan bermain angklung paglak untuk mengusir lelah seusai bekerja di sawah. Mereka bermain rumah bambu di atas pohon sambil menikmati semilir angin dan memandang hamparan sawah. ”Banyuwangi merupakan daerah subur. Tidak perlu susah mengolah tanah. Jadi, waktu tak banyak tersita untuk bekerja. Petani pun ada waktu luang untuk bermusik. Dari situlah karya kesenian itu tumbuh,” katanya.

Saat masih remaja, Mang Pur aktif memainkan angklung paglak di sela bertani. Kepiawaiannya memainkan angklung kemudian membuat dia sering dipanggil warga yang punya hajatan. Biasanya, jika ada pesta perkawinan atau pesta panen, Mang Pur tampil menghibur warga di atas panggung bersama rekan-rekannya. Kini Mang Pur tidak lagi manggung, tergantikan oleh mereka yang lebih muda, tetapi ia tetap aktif mengajari anak-anak di Desa Kemiren bermain angklung.

Pada awal 1980-an, musik banyuwangian yang dulu dimainkan para petani ini berkembang menjadi kendang kempul, yakni paduan musik tradisional dengan dangdut dengan instrumen utama kendang dan kempul. Tahun 1998-2000, seniman Banyuwangi, Catur Arum, mengawali genre musik hibrid banyuwangian. Disebut hibrid karena musik yang digunakan masih bernuansa tradisional, yakni mengusung patrol tetapi diwarnai nuansa blues, reggae, pop, hingga rock dengan lirik yang tetap banyuwangian.

Belakangan, saat industri musik ramai dengan musik jedug-jedug ala disko, kreativitas masyarakat Using juga tak berhenti. Music koplo masuk dan berakulturasi dengan budaya Banyuwangi menjadi koplo banyuwangian. Alat musiknya modern, tetapi tetap menggunakan bahasa Using.

Industri musik pun terus tumbuh dan bertahan di Banyuwangi. Tak peduli Industri musik nasional atau internasional sedang lesu atau bergairah, seniman Banyuwangi tetap mendapatkan pasarnya di kawasan ini. Studio musik rumahan, artis-artis baru, hingga lagu-lagu anyar bermunculan tiap bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com