Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nitrogen Cair untuk Pembekuan Sperma Diduga Dikorupsi

Kompas.com - 16/05/2013, 12:59 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com - Unit Tindak Pidana Korupsi Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Palu mencium adanya dugaan korupsi dana pengadaan nitrogen cair untuk pembekuan sperma sapi di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Tengah pada anggaran 2012.

Kontrak pengadaan sebesar Rp 352 juta dimenangkan CV Rafi Utama. Namun pengadaan nitrogen cair sebanyak 10.000 liter itu baru terealisasi 900 liter. Akibatnya, kerugian negara mencapai sekitar Rp 287 juta.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Palu, AKP Yoseph AR Sudrajat mengatakan, saat ini penyidik sudah memeriksa sejumlah saksi dari panitia lelang dan pemeriksa barang. Termasuk juga pengumpulan alat bukti berupa surat dan dokumen. "Kita saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan terhadap pejabat pembuat komitmen dan CV Rafi Utama sebagai kontraktor pemenang lelang," kata Yoseph, Kamis (16/5/2013).

Pekan depan, menurut Yoseph, Tipikor Polres Palu sudah mengagendakan pemeriksaan terhadap enam orang terkait kasus ini. Namun bisa saja calon tersangkanya bertambah setelah kasus ini dikembangkan.

Saat ini, polisi sudah memeriksa sejumlah saksi dari pihak panitia barang, penerima barang dan panitia lelang. "Kita juga nantinya akan memeriksa instansi terkait yang melakukan pemeriksaan dan penerima barang," ujar Yoseph. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com