Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Golput di Pilgub Bali Rendah

Kompas.com - 15/05/2013, 23:36 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Penghitungan cepat yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) mendapatkan fakta tingkat partisipasi warga Bali yang menggunakan hak pilihnya cukup tinggi. Dari sampel 400 TPS di seluruh Bali, tingkat partisipasi masyarakat mencapai 73,67 persen.

"Dibanding wilayah lain tidak terlalu buruk. Misalnya DKI di bawah ini, lebih rendah," ujar Peneliti SMRC, Deni Irvani, saat konferensi pers di Hotel Inna Grand Bali Beach, Rabu (15/5/2013) sore.

"(Bahkan) di tempat-tempat lain hanya 50 persen atau di bawah 50 persen," imbuh Deni. Jumlah partisipasi terbanyak dalam Pilgub Bali terdapat di Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Bangli yang merupakan basis PDI-P, pendukung AA Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan.

Di Tabanan tingkat partisipasi mencapai 84 persen dan di Bangli 81 persen. Sementara untuk tingkat partisipasi terendah terjadi di dua wilayah yakni Kota Denpasar dengan 65,02 persen dan Kabupaten Buleleng dengan 63,92 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com