Kamis, 24 April 2014

News / Regional

Janji Bibit soal Tol Bawen Selesai Lebaran Kandas

Rabu, 15 Mei 2013 | 17:41 WIB

Baca juga

UNGARAN, KOMPAS.com — Janji Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo bahwa Jalan Tol Semarang-Bawen bisa dioperasikan sebelum Lebaran 2013 bakal kandas. Pasalnya, fakta di lapangan menunjukkan pengerjaan tol sering kali terhenti karena hambatan cuaca.

Pekerjaan pengecoran di exit Tol Bawen pada Rabu (15/5/2013) siang berhenti sejak lima hari karena hujan terus-menerus.

"Menurut rencana, sebelum Lebaran bisa selesai, tetapi tidak mungkin bisa karena pekerjaan sering terhenti karena faktor cuaca. Sudah lima hari ini kami nganggur, ada 15 pekerja juga menganggur di mes. Jadi, kemungkinan baru selesai setelah Lebaran," kata mandor pengecoran jalan di exit Tol Bawen, Jauhari (45), ditemui di pos penjagaan proyek jalan tol di ruas Bawen.

Sementara itu, anggota DPRD Jateng, Sasmito, saat ditemui pada kampanye tertutup calon gubernur Jateng Bibit Waluyo di Gedung Pemuda Ambarawa, Rabu siang, mengatakan, berdasarkan pantauannya, target total penyelesaian Tol Semarang-Bawen sebelum Lebaran 2013 ini tidak bisa terlaksana.

"Kita pantau terus di lapangan setiap dua minggu sekali. Pihak TMJ menyatakan jalan tol belum bisa digunakan maksimal. Hal itu disebabkan oleh cuaca yang kurang mendukung. Namun, pada Lebaran mendatang sudah bisa digunakan, namun hanya untuk kendaraan kecil. Sementara untuk kendaraan besar (truk dan bus) tetap melewati jalur utama Semarang-Bawen," ungkap Sasmito.

Molornya penyelesaian Tol Semarang-Bawen ini akan berakibat pada molornya proyek peningkatan kualitas Jalan Bawen-Banyumanik dan permasalahan kemacetan jalur Bawen yang tak bisa terurai. Sebab, rencananya, semua kendaraan akan dialihkan ke jalan tol pada saat mudik Lebaran karena jalur utama Semarang-Bawen sedang dilakukan proyek peningkatan kualitas jalan. 


Penulis: Kontributor Ungaran, Syahrul Munir
Editor : Glori K. Wadrianto