Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eggy Sudjana Protes KPU Jatim, Ada Apa?

Kompas.com - 15/05/2013, 17:37 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Pasangan cagub-cawagub Jatim, Eggy Sudjana-M Sihat, mendatangi Kantor KPU Jawa Timur untuk menyampaikan protes karena disebut 80 persen data dukungan KTP yang telah diserahkannya tak sah. Eggy curiga ada upaya penghadangan atas dirinya untuk maju meramaikan pesta demokrasi di Jawa Timur, Agustus nanti.

''Masa saat diverifikasi di KPU Jatim, datanya beres, tapi saat diserahkan di kabupaten/kota, datanya sudah berubah,'' kata Eggy saat diterima Komisioner KPU Jatim, Rabu (15/5/2013).

Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad membantah ada upaya penjegalan secara sistematis oleh KPU kepada pasangan jalur independen pertama di Jatim itu. ''Tim kami 100 orang bekerja siang malam untuk melakukan verifikasi dan penelitian kepada berkas yang diserahkan pasangan Eggy Sudjana-Sihat,'' katanya.

Andry mengatakan, KPU Jatim bekerja berdasarkan data fisik dukungan yang diserahkan bacagub. Jika ada kesalahan di luar data fisik yang diperiksa, itu bukan wewenang KPU. ''Kami telah memiliki komitmen bekerja profesional dan independen,'' ujar Andry.

Saat mendatangi KPU Jatim, Eggy Sudjana-Sihat membawa dua ekor sapi. Dua hewan ternak itu adalah simbol bahwa KPU diminta tidak memotong upayanya untuk mewujudkan demokrasi di Jatim. ''Kalau mau potong, sapi ini saja, nanti dibagi-bagikan ke warga yang kurang mampu,'' kata mantan pengacara mantan Bupati Garut Aceng Fikri ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com