Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cagub Ganjar Siap Kurangi Belanja Pegawai

Kompas.com - 14/05/2013, 22:09 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Calon gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dari PDI-Perjuangan menyatakan siap untuk mengurangi belanja pegawai dalam politik anggaran Pemprov Jateng sekiranya terpilih sebagai gubernur.

"Gaji pegawai negeri menjadi komponen yang akan diseimbangkan dengan belanja tidak langsung ke publik," kata Ganjar Pranowo didamping calon wakil gubernur, Heru Sudjatmoko, Selasa (14/5/2013) malam ketika menjawab pertanyaan panelis Prof FX Sugiyanto pada acara debat cagub yang diselenggarakan Kompas TV di Gedung Prof Sudharto, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.

Debat itu juga diikuti pasangan cagub Hadi Prabowo-Don Murdono serta pasangan cagub Bibit Waluyo - Sudijono Sastroatmodjo.

Debat juga dipandu panelis disamping FX Sugiyanto, ada pula budayawan Jaya Suprana.

Atas jawaban cagub Ganjar Pranowo itu, FX Sugiyanto mengingatkan kalau di pemkab dan pemkot, anggaran belanja pegawai pada postur APBD sudah mencapai 60 persen, sedang di pemprov sudah 50 persen tentunya tidak mungkin gaji pegawai berkurang.

Ganjar langsung menangkap maknanya dengan menyatakan, bisa juga dari pengaturan kembali dana bantuan sosial (bansos) yang cukup fantastis namun tidak tepat sasaran.

Menurutnya, dengan perimbangan politik anggaran yang baik tentu saja pemprov punya dana untuk percepatan pembangunan di sektor sektor pilihan bagi masyarakat luas.

Sedangkan cagub Bibit Waluyo mengakui, pihaknya lebih menguatkan program yang sudah dijalankan selama menjadi gubernur, yaitu dengan lebih mensinkronkan angaran pemprov dengan anggaran di pemkab dan pemkot supaya lebih efektif dan tidak saling tumpang tindih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com