Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap TPS di Temanggung Sediakan "Template" Braille

Kompas.com - 14/05/2013, 07:58 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung siap mendistribusikan logistik untuk keperluan pemilu Gubernur Jawa Tengah dan pemilu Bupati Temanggung, yang akan dilaksanakan bersamaan pada 26 Mei 2013. Setiap tempat pemungutan suara di kabupaten ini menyediakan satu template surat suara bertulisan braile.

Anggota KPU Kabupaten Temanggung, Lutfi Arifin, mengatakan seluruh logistik pemilu direncanakan tersebar ke panitia pemilihan kecamatan paling lambat Sabtu (18/5/2013). Selanjutnya pengiriman ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dimulai 21-24 Mei 2013 dan kemudian distribusi ke masing-masing TPS pada 25 Mei 2013.

"Logistik pilkada yang siap didistribusikan ke 20 kecamatan antara lain kotak suara, surat suara, alat pencoblosan, alat tulis, sampul, dan formulir rekap pemungutan suara," sebut Arifin, Senin (13/5/2013). Di setiap TPS, imbuh dia, disertakan satu template alat bantu berhuruf braille untuk para tunanetra.

"Masing-masing TPS akan dikirim satu lembar template. Namun, untuk Kelurahan Kertosari, Kecamatan /Kabupaten Temanggung akan dikirim lebih banyak, karena di kelurahan tersebut terdapat panti sosial penyandang tunanetra," tutur Lutfi. Dia menambahkan bahwa undangan pemilih telah dikirimkan sejak sepekan lalu.

Lutfi menyebutkan, undangan alias formulir C-6 yang disebar berjumlah 578.446 sesuai dengan daftar pemilih tetap di 20 kecamatan di Kabupaten Temanggung. "Kami menyediakan sebanyak 1.717 TPS yang tersebar di 20 kecamatan," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com