Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Mati Serentak di 8 Kabupaten, PLN Minta Maaf

Kompas.com - 13/05/2013, 20:12 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.com — Perusahaan Listrik Negara (PLN) meminta maaf kepada masyarakat atas putusnya aliran listrik, Senin (13/5/2013), akibat gangguan di saluran transmisi.

"Jaringan transmisi putus sehingga suplai listrik ke gardu induk terputus. Ini bukan pemadaman direncanakan. Jadi, kami mohon maaf kepada para pelanggan," kata Humas PT PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Purwokerto, Djumeno, Senin (13/5/2013).

Aliran listrik di wilayah Jawa Tengah Selatan sempat padam selama beberapa jam tanpa pemberitahuan di delapan kabupaten. Delapan kabupaten yang mengalami listrik padam adalah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, Purworejo, dan Tegal.

Listrik padam pada Senin (13/5/2013) sekitar dua jam dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00 meski waktu menyala di beberapa lokasi berbeda-beda. Pada sore hari, listrik juga padam sekitar pukul 17.00 dan diperkirakan akan menyala kembali pukul 20.00.

Penyebab padam listrik di delapan kabupaten ini ialah akibat putusnya jaringan transmisi saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) di jalur Ungaran-Wonosobo. Akibatnya, pasokan listrik untuk enam gardu pembangkit di UPJ Purwokerto sempat terhenti. Enam gardu itu berada di Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Purwokerto, Rawalo, dan Dieng.(Hanan Wiyoko)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com