Sabtu, 19 April 2014

News / Regional

Polisi Beri Nasi "Kucing" bagi Pengendara Tertib Lalu Lintas

Senin, 13 Mei 2013 | 18:56 WIB

Baca juga

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Satuan Lalu Lintas Polres Sleman menggelar operasi simpatik, Senin (13/5/2013). Selain memberikan sosialisasi tentang tertib lalu lintas, dalam kegiatan ini, polisi juga memberikan apresiasi kepada pengguna dengan memberikan nasi kucing dan air mineral.

Operasi simpatik yang dilakukan di Jalan Magelang, Tridadi, Sleman, ini di mulai sekitar pukul 13.00 WIB. Selain dari jajaran lalu lintas, operasi juga melibatkan Satuan Sabhara Polres Sleman.

Kasat Lantas Polres Sleman AKP Ahmad Nanang Wibowo mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi kepada pengguna jalan agar menaati peraturan lalu lintas.

"Kami memberikan penyadaran akan pentingnya menggunakan kelengkapan berkendara seperti penggunaan helm, sabuk pengaman, dan spion," terangnya saat ditemui seusai operasi simpatik.

Ia menjelaskan, dalam kurun waktu satu bulan terakhir, jumlah kecelakaan yang terjadi di wilayah Sleman meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh iklim yang tidak jelas dan kenaikan volume kendaraan.

"Kebanyakan kecelakaan dialami oleh pengendara sepeda motor," ungkapnya.

Berdasarkan data laka lantas dan penyelesaian Polda DIY Tahun 2012, Sleman menduduki peringkat pertama kecelakaan lalu lintas dengan jumlah 1.548 kejadian. Korban meninggal 178 orang, luka berat 124, dan luka ringan 2.065. Peringkat kedua ditempati Kabupaten Bantul dengan 1.420 kejadian dengan korban meninggal 141, luka berat 17, dan luka ringan 1.974.

Lebih lanjut, Nanang menjelaskan, selain sosialisasi, Satuan Lalu Lintas Polres Sleman juga menyiapkan Police Mobile Service, yakni patroli malam untuk kawasan rawan macet, pelanggaran, dan rawan kecelakaan. Rawan macet lebih difokuskan pada ruas Jalan Gejayan, sepanjang Jalan Solo hingga Janti.

Sementara untuk rawan kecelakaan difokuskan pada ruas Jalan Magelang, Jalan Wates, Jogja-Solo, hingga perbatasan Prambanan Klaten.

"Masyarakat yang mengetahui kemacetan atau peristiwa kecelakaan bisa langsung menghubungi kami. Nanti tim Police Mobile Service akan segera datang ke lokasi," paparnya.

Sementara itu, salah satu pengguna kendaraan yang diberikan apresiasi karena tertib lalu lintas, Angelina Ningtyas, mengaku gembira sekaligus kaget. Pasalnya setelah dicek kelengkapan berkendara oleh petugas, ia diberi nasi kucing dan air minum.

"Saya selaku masyarakat menyambut baik kegiatan operasi simpatik yang dilakukan oleh polisi. Selain untuk memberi kesadaran kepada para pengguna jalan, juga untuk mendekatkan diri antara polisi dan masyarakat," pungkasnya.


Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor : Farid Assifa