Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Ini Putus Sekolah demi Nafkahi Keluarga

Kompas.com - 13/05/2013, 16:23 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com — Seorang bocah perempuan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, terpaksa putus sekolah demi menafkahi keluarga serta membiayai pendidikan adiknya di sekolah dasar (SD).

Ayu (12) berjualan jagung keliling sebagai pengganti pencari nafkah kedua orangtuanya, Umar (70) dan Seri (50), yang sakit. Umar sudah lama mengalami kebutaan, sedangkan Seri sering sakit-sakitan karena usia.

"Bapakku sudah lama buta dan mama sudah sakit-sakitan karena sudah tua. Jadi, saya harus bekerja untuk bisa beli beras dan ikan," kata Ayu kepada Kompas.com.

Sejak pagi hingga malam hari, gadis belia asal Jalan Anoa, Kelurahan Bukaka, Kecamatan Taneteriattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, ini harus berjalan kaki mengelilingi Kota Watampone. Bahkan, dia terkadang pergi ke pelabuhan Bajoe sejauh 5 kilometer untuk menjajakan jagung rebus demi menghidupi keluarga.

Setiap hari, Ayu mampu menjual jagung rebus sebanyak 30 hingga 50 buah yang dijual seharga Rp 500 per buah. Hasil dari penjualan ini disisipkan untuk keperluan makan dan biaya sekolah adiknya. Sisanya dijadikan modal untuk membeli jagung mentah dari petani.

Sebenarnya, Ayu merasa iri terhadap teman sebayanya yang gembira karena bisa sekolah serta bermain di waktu senggang. Namun, rasa irinya dikubur dalam-dalam demi menafkahi keluarga dan menyekolahkan adiknya.

"Saya sendiri yang berhenti sekolah karena harus cari uang dan tidak ada yang paksa saya cari uang. Saya sendiri yang mau. Biar saya tidak sekolah, tapi adikku harus tetap sekolah," ucap Ayu. Dia bercita-cita membiayai pendidikan adiknya hingga ke perguruan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com