Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timor Tengah Utara Belum Siap Jadi Destinasi Sail Komodo

Kompas.com - 12/05/2013, 23:38 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Meskipun menjadi salah satu destinasi Sail Komodo yang akan berlangsung pada September 2013 nanti, tetapi Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, tidak melakukan persiapan apa pun sehingga mengundang kritikan banyak pihak.

Wakil Ketua DPRD TTU Benediktus Hermenegildus Bone kepada Kompas.com, Minggu (12/5/2013), mengatakan, Dinas Pariwisata Kabupaten TTU harus memulai persiapan dalam rangka menyambut acara bertaraf internasional itu.

"Semua potensi pariwisata dan kebudayaan lokal harus dihimpun dan dikerahkan ke titik destinasi, agar dunia Internasioanal dapat melihat dan mengetahui potensi yang dimiliki daerah ini," jelas Gildus.

Menurut Gildus, semua potensi yang dimiliki daerah ini harus dikemas dengan baik sehingga dapat menarik minat wisatawan mancanegara untuk kembali berkunjung. Hal tersebut selain membawa dampak ekonomi bagi masyarakat setempat, juga sebagai bentuk investasi minat pariwisata jangka panjang.

"Walaupun ini sebagai titik destinasi, tapi kita juga perlu menghadirkan potensi-potensi kebudayaan dan kearifan lokal lainnya yang ada di daerah lain di TTU. Agar peserta sail dapat melihat TTU secara menyeluruh," tegas Gildus.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten TTU Yulius Sila, ketika hendak ditemui Kompas.com, menolak untuk ditemui dengan alasan tidak enak badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com