Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Meledak Saat Mesin Dinyalakan, Tujuh Orang Tewas

Kompas.com - 09/05/2013, 03:59 WIB

KOTABARU, KOMPAS.com — Kapal penumpang Perahu Layar Motor (PLM) Setia Budi, yang melayani rute pelayaran Kotabaru-Geronggang, di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Rabu (8/5/2013), sekitar pukul 11.00 Wita, meledak dan terbakar di lokasinya bersandar. Tujuh penumpang tewas.

"Korban yang tewas sudah berhasil dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotabaru," kata Kepala Satuan Polairud AKP Sumari, di Kotabaru, Rabu (8/5/2013). Korban adalah Suparmi (55), Joko Irawan (27), Puspita Novalia (23), Nurul Asiah (34), Rifka Nadia (10), Sulistiawati (30), dan Frismustof (2).

Sumari mengatakan, 12 orang selamat dari kecelakaan ini dengan lima orang di antaranya mengalami luka ringan dan dua orang yang lain menderita luka bakar serius. Mereka yang terluka adalah Hardiansyah (40), Anwar Rahman (35), Aina Iflal Mardiah (11), M Zulfi (7), Sakrus (42), Sabransyah (41), dan Nor Aisah (26).

Selain membawa penumpang, ujar dia, kapal ini mengangkut sembako, puluhan jeriken bahan bakar minyak, tabung gas elpiji, dan dua sepeda motor. Kecelakaan ini terjadi ketika salah satu awak kapal menghidupkan mesin, tiba-tiba terjadi ledakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotabaru, Tri Basuki Rahmat, mengatakan, ketika ledakan terjadi, petugas pemadam langsung dikerahkan ke lokasi. Proses pemadaman dilakukan dengan hati-hati karena terjadi beberapa ledakan lanjutan. "Satu jam baru bisa diatasi," kata dia. Sejumlah petugas gabungan langsung mencari korban yang terjebak di dalam kapal milik H Eling yang sudah terbakar.

Petugas Badan SAR Nasional (Basarnas) Kotabaru, Afrial, mengatakan, sebagian daging dan organ tubuh penumpang korban meninggal dunia bercampur dengan plastik dan barang-barang penumpang kapal. "Petugas sulit mengidentifikasi para korban meninggal dunia karena sebagian tubuhnya hancur dan daging korban bercampur plastik," katanya. Kondisi ini sempat menyulitkan proses identifikasi korban.

Belum diketahui secara pasti sumber ledakan. Namun, dugaan sementara ledakan dipicu kebocoran pada tabung gas. "Informasi yang masih belum tentu benar, ada tabung gas yang bocor dan meledak saat petugas menghidupkan mesin kapal," kata petugas dari Pelindo III Cabang Kotabaru, Ludik Haibuan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com