Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatim Penghasil Utama Tembakau

Kompas.com - 08/05/2013, 10:57 WIB
Defri Werdiono

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Jawa Timur masih menjadi produsen utama tembakau di Indonesia. Dari 230.000 ton produksi tembakau nasional setiap tahunnya, sebanyak 130.000 ton atau 60 persen di antaranya diproduksi oleh Jawa Timur.

"Kalau diangkut menggunakan truk Fuso berkapasitas 8 ton, maka produksi tembakau Jawa Timur ada 10.000-15.000 truk," ujar Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi pada dialog Diversifikasi Produk Tembakau Nonrokok di Surabaya, Rabu (8/5/2013).

Menurut Bayu, pihaknya ingin masyarakat mengubah mind set bahwa tembakau tidak selalu rokok, tembakau adalah tembakau, dan rokok adalah rokok. Artinya harus dicari diversifikasi lain penggunaan tembakau. "Meski faktanya 97-99 persen tembakau masih digunakan untuk rokok, tetapi tembakau tidak semata-mata untuk rokok," ucapnya.

Bayu pun melontarkan empat poin gagasan bagaimana bisa mengurangi perang antara kesehatan dan rokok, yakni melalui iptek, mendorong terwujudnya tembakau rendah nikotin dan tar, membuat kebijakan kejayaan tembakau istimewa, penggunaan biopestisida, dan pertanian tembakau multinilai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com