Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nunggak Bayar, Listrik Kantor KI Lampung Diputus

Kompas.com - 07/05/2013, 19:25 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Aliran listrik kantor Komisi Informasi Provinsi Lampung di Bandar Lampung diputus paksa oleh petugas PLN karena menunggak pembayaran selama tiga bulan berturut-turut. Fasilitas lembaga baru pemerintah ini terus terabaikan.

"Saya sedang di ruangan sendirian, tiba-tiba petugas datang dan memutus aliran listrik. Tidak ada pemberitahuan sebelumnya, katanya menunggak tiga bulan (pembayaran listrik)," ujar Ketua KI Lampung, Juniardi melalui keterangan pers, Selasa (7/5/2013).

Ironisnya, ia mengatakan, peristiwa seperti ini sudah yang ketiga kalinya terjadi. "Tidak hanya listrik, internet juga sudah lama tidak berfungsi. Sudah berkali-kali permasalahan ini dibicarakan tapi masih saja berulang," ujar dia.

Tak ayal, menurutnya, tugas pokok dan fungsi KI menjadi terganggu, khususnya terkait penyelesaian sengketa informasi. Menurut Juniardi, terabaikannya fasilitas kesekretariatan di KI daerah seperti ini terjadi akibat belum mandirinya lembaga itu.

Sekretariat KI Lampung masih "menempel" pada fungsi lembaga Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Lampung. "Dedikasi para pegawai terhadap tugas dan tanggungjawabnya sangat kurang," ujarnya seraya menekankan perlunya evaluasi terhadap Diskominfo Lampung.

"Jika perlu, ganti pegawai-pegawai yang ditempatkan di KI dengan pegawai yang memiliki tanggung-jawab dan berkompeten. Ini agar sejalan dengan semangat keterbukaan informasi," tutur mantan jurnalis ini.

Minimnya perhatian terhadap lembaga KI ini sangatlah ironis mengingat Lampung pernah menerima penghargaan sebagai salah satu Badan Publik Provinsi yang terbuka. "Penghargaan tersebut diberikan Wapres pada peringatan Right to Know Day 2012," ujar dia kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com