Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deklarasi Pilgub Jateng Bermartabat, Cawagub Don Tak Hadir

Kompas.com - 07/05/2013, 11:40 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah mengikuti Deklarasi Pilgub Jateng Bermartabat dan apel pasukan pengamanan operasi mantap praja candi 2013 di Lapangan Simpanglima, Selasa (07/05/2013).

Acara ditandai dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi dengan didampingi saksi dari para pendukung pasangan. Selain itu, terlihat hadir sejumlah pejabat di lingkungan Provinsi Jawa Tengah.

Calon Wakil Gubernur Don Murdono yang adalah pasangan calon Gubernur Hadi Prabowo tidak tampak hadir pada deklarasi tersebut. Hadi yang menjadi cagub nomor urut satu itu justru didampingi orang lain yang mewakili Don Murdono. Namun, saat penandatanganan di baliho besar, kotak tanda tangan untuk Don dikosongkan.

"Ada acara sosialisasi di Banjarnegara sejak kemarin, tadi diwakili," ungkap Hadi menerangkan tentang ketidakhadiran Don, saat ditemui usai acara tersebut.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Jawa Tengah Fajar Subhi A.K Arif mengatakan, KPU hanya mengundang. Sehingga ketidakhadiran itu tidak menjadi masalah sebab yang lebih penting komitmen pasangan. "Ada satu yang hadir sudah cukup mewakili," ujarnya.

Deklarasi tersebut, ungkap Fajar, menjadi komitmen bagi pasangan calon untuk menjaga pesta demokrasi ini secara damai. Selain itu juga pelaksanaan kampanye secara damai, simpati dan mendidik masyarakat dalam berdemokrasi. "Yang lebih penting menghindari kampanye provokatif agar kondisi pilgub aman, dan ini sudah menjadi tekad bersama," kata Fajar.

Pada kesempatan itu juga digelar apel kesiapan pengamanan Pilgub. Kepala Polda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Didiek Sutomo Triwidodo meminta jajarannya untuk senantiasa melaksanakan tanggungjawab dengan kesungguhan dan keikhlasan hati. Sehingga bisa memberikan rasa aman pada masyarakat.

Operasi Mantap Praja Candi 2013 ini diselenggarakan sejak 27 Februari hingga 23 Agustus 2013 mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com