Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Tuban Amankan 2.000 Liter Solar Sulingan

Kompas.com - 06/05/2013, 20:21 WIB
Adi Sucipto

Penulis

TUBAN, KOMPAS.com - Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Tuban, Senin (6/5/2013) mengamankan truk bernomor polisi W 7836 KB yang mengangkut 2.000 liter solar. Solar setengah jadi itu dikemas dalam 80 jerigen, diduga hasil penyulingan tradisional.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Tuban, Ajun Komisaris Wahyu Hidayat, menuturkan, setelah menerima laporkan masyarakat, polisi berhasil menghentikan truk yang dikemudikan oleh MR (46), warga Desa Jambangan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Truk dihentikan di Jalan Raya Kenduruan-Jatirogo, Kecamatan Kenduruan, Tuban.     

Saat diperiksa, pengemudi tidak bisa menunjukkan surat-surat pengangkutan bahan bakar minyak. Akhirnya truk dan solar setengah jadi itu dibawa ke Mapolres Tuban. Sampel solar akan dikirim ke laboratorium di Cepu, Kabupaten Blora Jawa Tengah untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Menurut MR, solar itu dikumpulkan dari Kecamatan Bangilan, Senori dan Singgahan dan rencananya akan dikirim ke wilayah Tuban dan Lamongan," kata Wahyu.

Sebelumnya, Polres Tuban mengamankan 8.000 liter solar dari truk tangki bernomor polisi L 8095 RRQ milik PT MKP di Desa Laren, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban setelah mengisi solar dari areal Pondok Pesantren NM. Truk MKP tidak termasuk dalam daftar penyalur BBM produksi PT Pertamina. Di sekitar area penangkapan didapati pengolahan minyak mentah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com