Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

24.890 Kertas Suara Pilgub Jateng di Temanggung Rusak

Kompas.com - 06/05/2013, 18:47 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 24.890 lembar kertas suara Pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung rusak. Jumlah kertas suara yang rusak tersebut mencapai 4,20 persen dari total kertas suara yang didistribusikan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah.

"Sebagian besar kerusakan yang terjadi akibat terdapat noda atau bercak berupa titik warna pada gambar pasangan calo," ungkap Lutfi Arief, Komisioner Divisi Logistik KPU Temanggung, Senin (6/5/2013).

Selain itu, kata Lutfi, ada juga yang berlubang dan potongan yang tidak simetris, meskipun jumlahnya kecil. Pihaknya mengaku telah melibatkan 30 warga sekitar untuk melakukan penyortiran selama seminggu.

Proses tersebut juga sudah berdasar pada petunjuk pelaksanaan sortir kertas suara KPU Provinsi Jawa Tengah. Para pekerja itu juga diberi pembekalan sebelum melibat kertas suara. Bahkan penjagaan ketat juga dilakukan oleh pihak Polres Kabupaten Temanggung.

"Setiap pekerja juga tidak diperkenankan membawa tas atau jaket. Keluar masuk ruangan juga kami periksa, demi kemurnian kertas suara," tandasnya.

KPU Temanggung menerima sebanyak 592.971 lembar kertas suara untuk Pilgub Jateng yang akan digelar pada 26 Mei 2013 mendatang. Jumlah tersebut sudah termasuk cadangan 2,5 persen yang dialokasikan untuk cadangan. Kertas suara tersebut dikemas dalam 296 kotak kardus dan setiap kardus berisi 2.000 lembar kertas suara.

"Atas temuan kerusakan itu, kami segera melapor KPU Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya menunggu instruksi lebih lanjut dari KPU Provinsi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com