Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut Pemekaran Muna Barat, Massa Blokade Jalan

Kompas.com - 06/05/2013, 12:29 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com — Ratusan masyarakat Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, melakukan aksi unjuk rasa menuntut percepatan pemekaran Kabupaten Muna Barat dari Kabupaten dari kabupaten induknya, Senin (6/5/2013) siang.

Unjuk rasa ini berlangsung di Tugu Lagadi, Kecamatan Sawerigading, yang merupakan perbatasan wilayah Muna dan Muna Barat. Massa melakukan blokade jalan lintas kabupaten dan menyandera mobil dinas yang melintas di lokasi unjuk rasa. Massa juga membuat keranda mayat bertuliskan Bupati Muna dan DPRD Muna.

Dengan memblokade jalan utama lintas kabupaten, masyarakat Muna melampiaskan kekecewaan mereka terhadap lambannya pengurusan pemekaran Muna Barat dari wilayah asal, yaitu Kabupaten Muna. Aksi blokade jalan ini mengakibatkan akses jalan satu-satunya lintas kabupaten menjadi macet total.

Mobil yang ingin melintas tidak dapat melanjutkan perjalanan karena terhalang oleh batang pohon dan batu gunung, yang diletakkan masyarakat pendemo. Bukan hanya melakukan blokade jalan, masyarakat juga menyandera mobil dinas yang melintas.

Massa menurunkan pemilik mobil ke tengah lokasi unjuk rasa. Dalam orasinya, massa menyesali lambannya kinerja pemerintah, khususnya Bupati Muna, dalam mengurus percepatan Kabupaten Muna Barat. "Kegagalan pemekaran Muna Barat akibat lambannya Bupati Muna merespons desakan masyarakat, jadi bupati harus bertanggung jawab," teriak Natsir Onte.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com