Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan Dana untuk Keluarga Korban Tagana

Kompas.com - 05/05/2013, 19:13 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sosial RI, Salim Segaf Al Jufri, menyerahkan bantuan bagi keluarga Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Sleman yang meninggal terkena awan panas saat Erupsi Merapi 2010. Santunan diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan lima korban, almarhum Samiyo, Jupri, Ariyanto, Supriyadi, dan Slamet Ngatiran.

Menurut Mensos, bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap keluarga yang ditinggalkan para korban Tagana. "Mereka menyelamatkan ribuan jiwa pengungsi, tanpa memperhitungkan nyawa sendiri. Kami menilai bahwa para relawan adalah pejuang," terang Salim setelah menyerahkan bantuan di Huntap Karangkendal, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Minggu (5/5/2013).

Total bantuan yang diserahkan kepada lima keluarga senilai Rp 18 juta. Masing-masing keluarga mendapatkan santunan Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Selain uang, Mensos juga memberikan bantuan dalam bentuk perlengkapan keluarga. Paket kebutuhan anak diberikan kepada keluarga almarhum Slamet Ngatiran dan Ariyanto, karena memiliki anak yang masih kecil.

Kepala Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta, Untung Supriyadi, berharap bantuan dari kementerian sosial pusat ini bisa meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. "Semoga bisa membantu kehidupan keluarga yang ditinggalkan," ucapnya.

Menurut Untung, saat ini ada sekitar 600 anggota Tagana yang di DIY dan siap diterjunkan setiap saat. " Peralatan yang dimiliki saya rasa sudah cukup memadai dan siap dipakai setiap dibutuhkan," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com