Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain 2 Tewas, 4 Terluka Akibat Ledakan Bom Sisa Latihan TNI

Kompas.com - 04/05/2013, 21:16 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Selain dua warga sipil yang tewas akibat terkena bom sisa dari latihan gabungan TNI 2013 di Situbondo, Sabtu (4/5/2013), empat warga lain mengalami luka-luka karena terkena serpihan bom.

Bom yang meledak itu merupakan sisa materi dari bom yang tidak meledak saat TNI menggelar latgab pada Jumat (3/5/2013). Dua korban tewas bernama Syukur (35), warga Dusun Sekarputih, Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, dan Untung (40), warga Dusun, Belengguan, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. Adapun korban luka adalah Ahmad Asyari (60), Yunus (55), Sunaryo (41), serta Didik (40). Keempatnya warga Dusun Belengguan, Desa Sumberwaru. Mereka langsung dilarikan ke ruang UGD Puskesmas Banyuputih, sedangkan korban tewas langsung dilarikan ke kamar mayat rumah sakit terdekat.

Musibah yang dialami keenam warga itu terjadi saat mereka membongkar seng sisa sasaran tembak yang masih berdiri di Pusat Latihan Tempur Marinir, Baluran, Karang Tekok, Asembagus, Situbondo. Namun, saat sedang membongkar rumah-rumahan itu, salah satu korban menemukan bom yang  tidak meledak saat latihan berlangsung. Namun, tiba-tiba bom itu meledak. Saat bom meledak, Syukur dan Untung berada di lokasi paling dekat.

"Saya diajak Syukur untuk membongkar seng di tempat sasaran tembak pada latgab. Karena saat latgab ada sebagian yang tidak kena. Dalam sehari saya dikasih upah Rp 50.000 untuk membongkar," kata Sunaryo, salah satu korban luka.

Hingga kini belum diketahui secara pasti jenis bom yang meledak tersebut. Sunaryo mengaku tidak tahu ukuran bom yang meledak karena saat kejadian itu lokasinya berjauhan dengan lokasi ledakan. Saat itu Sunaryo sedang membongkar rumah-rumahan bekas sasaran tembak, tiba-tiba terdengar bunyi ledakan keras hingga dia ikut terpental.

Dandim 0823 Situbondo Letkol Arm Sugeng Riyadi membenarkan adanya dua korban tewas akibat ledakan bom di sekitar areal latgab TNI. "Memang ada korban tewas akibat ledakan bom. Namun, kami tidak tahu secara pasti tentang jenis bom yang meledak tersebut," ujarnya.

Di Jakarta,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com