Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curigai Jual Beli Dukungan, Kader PKS Parepare Bakar Baju Partai

Kompas.com - 04/05/2013, 18:45 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Ratusan kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, berunjuk rasa di depan kantor DPD PKS Kota Parepare. Dengan membakar baju seragam PKS, mereka menunjut agar Sekretaris DPD PKS Parepare Iqbal Khalik dipecat.

Massa menggelar orasi di depan kantor PKS, Jalan Glatik, Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang, Kota Parepare. Selain membakar baju partai, mereka juga membakar ban bekas dan nyaris menyerang kantor PKS. Namun, aksi itu dihalangi oleh sejumlah petugas pengamanan.

Para demonstran itu marah atas praktik jual beli dukungan kepada salah satu calon wali kota di wilayah tersebut. Mereka menyebut Iqbal telah menjual dukungan kepada pasangan calon kepala daerah tanpa sepengetahuan ketua partai.

"Kami tidak terima Sekretaris PKS Parepare Iqbal Khalik, yang juga anggota DPRD Kota Parepare, bersama pengurus partai, Andi Alamsyah, yang diduga menjual atau merentalkan dukungan partai pada sejumlah pasangan calon wali kota seharga Rp 500 juta," kata Rustam Tabbo selaku koordinator aksi unjuk rasa, Sabtu (4/5/2013) sore.

Pengurus DPC PKS Kecamatan Soreang itu menyatakan, unjuk rasa itu juga dilakukan untuk meminta para anggota PKS yang nakal tersebut dipecat. "Kami meminta agar Iqbal Khalik dipecat dari partai karena sudah mencoreng hitam di muka partai," katanya.

Ketua Partai PKS Kota Parepare Saefuddin laittang hadir di tengah massa untuk menenangkan demonstran. Ia berjanji akan menyelidiki dugaan jual beli suara tersebut. Jika ada bukti bahwa Iqbal dan Andi terlibat di dalamnya, ia berjanji akan memecat mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com